Bukan Asal Terkenal, Ini 5 Syarat Game Bisa Dilombakan dalam Turnamen Esports

70

GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Saat ini sudah banyak sekali game yang dilombakan dalam berbagai turnamen esports. Seperti PUBG, DOTA, Arena of Valor, Mobile Legends, dan lain-lain. Tapi kamu pernah tahu ngga sih apa syarat game bisa dilombakan dalam turnamen esports?

Nah tidak semua game bisa dilombakan lho, lur. Ada beberapa syarat atau kriteria yang haru dipenuhi oleh sebuah game. Buat yang belum tahu, ini dia 5 syarat game bisa dimainkan dalam turnamen esports.

1. Game bersifat kompetitif

Sumber : kissfmmedan.com

Karena game di cabang esports akan digunakan untuk bertanding, tentu game tersebut harus bersifat kompetitif dan memungkinkan para pemainnya bertanding dengan adil. Permainan ini bisa bersifat tim ataupun individual, tergantung game yang dimainkan. Jika game tidak bisa digunakan untuk berkompetisi, bagaimana cara menentukan pemenang?

2. Komunitas gamer yang setia

Sumber : esportsobserver.com

Perkembangan sebuah game tentu tidak lepas dari dukungan para pemain setianya. Adanya komunitas para gamer membuat pihak penyelenggara esports yakin bahwa game yang akan dipertandingkan akan menarik perhatian banyak orang.

Para anggota komunitas inilah yang nantinya diharapkan akan ikut memeriahkan pertandingan dan ikut menonton pertandingan tersebut secara langsung. Adanya komunitas yang besar akan menjadi jaminan bagi penyelenggara agar bisa menarik minat penonton secara massif.

3. Mudah, tetapi sulit dikuasai

Sumber : gamekings.tv

Kemudahan game tersebut untuk dimainkan adalah syarat penting untuk esports . Artinya, kamu tidak perlu belajar terlalu banyak untuk bermain game tersebut, tetapi untuk menjadi jago dalam game tersebut Kamu harus lebih banyak memutar otak dan memiliki lebih banyak pengalaman.

Hal ini juga akan membantu paran penonton awam agar juga bisa menikmati saat menonton kompetisi game tersebut. Game yang mudah dimainkan juga akan terlihat simpel dan membuat suasana pertandingan jadi lebih meriah.

GG! 7 Kampus Ini Ternyata Punya Program Esports, Indonesia Juga Ada

Kini esports tak hanya merambah industri namun juga pendidikan. Demi cetak gamers handal, 7 kampus ini sediakan program esports lho. Ada di Indonesia juga!


4. Game yang balanced

Sumber : edition.cnn.com

Game yang balanced ini artinya permainan bisa dilakukan dengan adil tanpa memberatkan pihak lainnya. Dalam bermain game, kita sering melihat penggunaan item cash yang membuat pemainnya menjadi lebih jago alias lebih sering menang ketimbang menggunakan item bawaan dari gamenya itu sendiri.

Hal ini harus dihindari oleh game yang masuk pertandingan esports , karena hal ini akan mengundang protes dari para pemain maupun para pendukungnya. Game sebaiknya dibuat se-balanced mungkin agar skil dan pengalaman menjadi faktor penentu utama kemenangan.

5. Sponsorship yang baik

Sumber : mldspot.com

Bukan hanya dari segi pemain, para penyelenggara dan developer game juga harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengadakan pertandingan. Jika para pemain sudah sangat antusias, tetapi tidak ada pihak yang mensponsori akan sia-sia saja.

Pendanaan ini digunakan untuk infrastruktur, menyewa tempat, hingga uang hadiah yang besar untuk para pemenang. Dengan begini, para pemain profesional juga akan dengan senang hati untuk ikut serta dalam pertandingan untuk memeriahkan pertandingan.

Dengan diadakannya pertandingan esports , para developer juga akan semakin diuntungkan karena akan membuat game yang diusungnya semakin berjaya dan dimainkan dalam waktu lama oleh para gamer.

Baca Juga : Berbicara Soal Esports, Sudah Tahu Sejarah Esports Ini Belum?

Nah, jadi itulah lima syarat yang harus dipenuhi agar sebuah game bisa dijadikan sebagai cabang permainan esports . Apakah ada game favorit Kamu yang sudah dijadikan permainan untuk esports ?

Sumber : IDN Times


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here