Channel Twitch Riot Games Menjadi Channel Twitch yang Paling Banyak Ditonton di Tahun 2019

36
Sumber: Riot Games

GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Riot Games menjadi channel Twitch yang paling banyak ditonton di tahun 2019. Twitch adalah platform streaming di mana tidak hanya streamer perorangan yang melakukan streaming di sana.

Banyak channel-channel dari developer dan event organizer yang menayangkan gim yang mereka buat atau turnamen yang mereka adakan di Twitch. Sebut saja Battlestate Games, ESL CS:GO, ESL Dota 2, Starladder, dan lain-lain.

Developer dari gim MOBA terpopuler dunia, League of Legends, yaitu Riot Games juga menjadi salah satu perusahaan yang menayangkan gim buatan mereka di Twitch.

Tidak hanya itu, Riot Games juga berhasil menjadi channel dengan jam tonton terbanyak di tahun 2019 lalu.

Channel Riot paling banyak ditonton
Sumber: Esports Observer

Riot Games berhasil mengalahkan streamer dan kreator konten seperti TfuexQc, dan Asmongold, serta mengalahkan sesama channel gim esports lainnya, yaitu Overwatch League dan ESL CS:GO.

Ninja dan Shroud masih tercantum karena mereka masih streaming di Twitch sampai pertengahan 2019. Sementara itu, Tfue menjadi streamer Twitch perorangan dengan jam tonton terbanyak di 2019.

Penonton yang didapat oleh Riot Games tentunya bersumber dari penonton yang menonton siaran dari kompetisi yang mereka adakan, yaitu League Championship Series (LCS), League European Championships (LEC), dan tentunya Worlds 2019.

Riot Games mendapatkan total jam tonton sebesar 112 juta jam tonton, meningkat sekitar 10 juta jam dari tahun 2018 yang mencatatkan 102 juta jam tonton.

Peningkatan dalam jumlah  jam menonton ini datang setelah LEC memutuskan untuk menggunakan model waralaba, sesuai dengan apa yang dilakukan LCS sebelumnya. Perubahan itu merupakan faktor penting bagi keberhasilan Riot Games ini karena jumlah pemirsa LEC di musim semi lalu meningkat dua kali lipat.

Raihan dari Riot Games ini tentunya juga tidak lepas dari popularitas gim mereka, yaitu League of Legends yang sangat masif. Channel turnamen esports pesaing terdekat mereka adalah Overwatch League dan ESL CS:GO.

Meskipun menjadi pesaing terdekat, Riot Games masih menang telak dari dua channel tersebut. Overwatch League berhasil meraih sekitar 89,3 juta jam tonton dan ESL CS:GO meraih sekitar 64,9 juta jam tonton.

Melihat masih sangat populernya LoL pada tahun 2020 ini, sepertinya Riot Games akan mempertahankan gelar ini pada tahun 2020.


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here