Dota 2 Masih Masuk ke 5 Besar Kategori Paling Banyak Ditonton di Twitch Tahun 2019!

20
Dota lima besar Twitch

GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Pada 30 hari terakhir, gim RTS/MOBA populer, yaitu Dota 2 memang mengalami penurunan yang drastis dalam jumlah pemain. Kendati demikian ada satu hal cukup menarik terlepas dari jumlah pemain yang terus merosot. Ternyata, Dota 2 masih masuk ke dalam lima besar kategori  yang paling banyak ditonton di Twitch pada tahun 2019 lalu.

Dota lima besar Twitch
Sumber: Esports Charts

Menurut data yang diambil dari Esports Charts, Dota 2 menempati peringkat kelima dari kategori yang paling banyak ditonton di tahun 2019. Dota 2 berhasil mengumpulkan total jam tonton sebanyak 492.668.415 jam dan berhasil meningkatkan jumlah jam tonton sebanyak empat persen dibandingkan tahun lalu. Namun kenaikan ini tidak cukup untuk mempertahankan Dota 2 di peringkat ketiga yang diraih tahun 2018 lalu.

Meskipun demikian, fans Dota 2 masih bisa berbangga diri dengan keberhasilan Dota 2 menempati posisi lima besar di daftar kategori yang paling banyak ditonton di Twitch ini.

Gim andalan Valve lainnya, yaitu CS:GO berada tepat di bawah Dota 2 dengan jumlah jam tonton sebanyak 441.034.940 jam dengan peningkatan jumlah jam tonton sebesar 9,6 persen. Digratiskannya CS:GO dianggap menjadi faktor penyebab meningkatnya jumlah oemain dan oenonton CS:GO di Twitch.

League of Legends dan Fortnite Masih Mendominasi

Dota lima besar Twitch

Peringkat pertama sampai keempat dipegang oleh League of LegendsFortnite, Just Chatting, dan Grand Theft Auto VLeague of Legends berhasil merajai Twitch dengan total jam tonton sebanyak 1.082.488.657 jam. Mereka berhasil meningkatkan jam tonton sebanyak 9,7 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, mereka berhasil naik menjadi peringkat pertama setelah tahun lalu harus puas berada di peringkat kedua.

Sementara itu, kategori yang merajai Twitch pada tahun 2018, yaitu Fortnite harus puas turun ke peringkat kedua dengan total sebanyak 1.024.222.415 jam tonton. Meskipun masih sangat banyak, dibandingkan tahun 2018, jam tonton Fortnite di 2019 turun sebanyak 24,6 persen. Bermigrasinya Ninja ke Mixer dianggap menjadi salah satu faktor menurunnya penonton Fortnite di Twitch.

Just Chatting dan GTA V Naik Pesat

Dota lima besar Twitch

Peringkat ketiga dan keempat, yaitu Just Chatting dan GTA V mengalami peningkatan yang pesat tahun 2019 lalu. Just Chatting adalah sebuah kategori di mana sang streamer melakukan obrolan terbuka dengan penonton mereka. Just Chatting mengumpulkan jam tonton sebanyak 734.821.422 jam dengan peningkatan sebesar 52,6 persen.

Sementara itu, GTA V adalah kategori dengan peningkatan yang paling pesat dari 20 besar kategori yang paling banyak ditonton di Twitch pada tahun 2019, GTA V mengumpulkan jam tonton sebanyak 564.697.657 jam. Dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, GTA V berhasil meningkatkan jumlah jam tonton dengan sangat luar biasa sebanyak 283 persen dari tahun 2018 lalu!

Perkembangan dari gim populer besutan Rockstar Games ini bahkan mengalahkan gim yang kembali naik daun di pertengahan 2019 lalu, yaitu MinecraftMinecraft berhasil meraih peringkat 12 dengan total jam tonton sebanyak 17.157.327 jam dan perkembangan sebesar 237 persen. Minecraft menjadi peringkat kedua dari gim yang paling banyak berkembang dalam jumlah jam tonton di 2019 lalu di bawah GTA V.

Bagaimana dengan gim favorit kalian? Apakah masuk ke dalam daftar peringkat ini?

Sumber: Esports Charts


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here