Siapa Meniru Siapa? Ini 5 Hero MOBA yang Mirip Banget Satu Sama Lain! Wajar kah?

579
hero MOBA

GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Hari gini masih meributkan MOBA ini plagiat dengan itu? Sudah tidak zaman guys! Kemiripan suatu karakter di dalam permainan, atau hero MOBA adalah hal yang wajar kok, asalkan tidak benar-benar 100 persen sama persis!

Buktinya, di artikel ini, GGWP.id akan membahas hero MOBA, baik game Arena of Valor, Mobile Legends, Dota 2, dan League of Legends yang mirip banget satu sama lain. Eits, tapi cuma mirip ya, tidak benar-benar sama persis kok!

Kemiripan ini bisa kamu lihat dari banyak segi, mulai dari skin hingga skill-nya. Apakah hal ini benar-benar melanggar hak cipta? Tidak kok! Ketika sebuah karakter menyerupai karakter lain, asalkan tidak 100 persen sama, tidak melanggar hak cipta.

Siapa saja nih hero MOBA yang mirip dengan satu sama lain? Kamu pasti terkejut deh melihatnya. Yuk disimak!

1. Tiny, Grock, Lumbur, dan Malphite

hero MOBA

Sama-sama terbuat dari batu, keempat hero MOBA ini mirip banget satu sama lain! Tiny yang dari Dota 2 memiliki sekujur tubuh yang terbuat dari batu. Grock, hero baru Mobile Legends memiliki ornamen-ornamen kerajaan.

Sedangkan Lumburr yang berasal dari Arena of Valor memiliki tekstur batu dengan sentuhan pohon dan juga lava yang berada di dalam tubuhnya. Terakhir ada Malphite, champion League of Legends dengan perawakan monster mengerikan dan terbuat dari batu.

Grock Mobile Legends akan Dirilis! Tapi Kok Mirip…

Grock Mobile Legends akan segera rilis! Tapi alih-alih antusias, para fansnya malah was-was! Katanya sih hero terbaru ini mirip dengan game sebelah!


Hero tersebut ternyata memiliki skill yang mirip juga lho! Katakanlah Tiny dan Lumburr, skill pertama mereka berjarak dekat dan memberikan damage. Bedanya, Avalanche Tiny memiliki efek stun, sedangkan efek skill Lumburr hanyalah slow.

2. Pudge, Franco, Blitzcrank, dan Grakk

hero MOBA

Hero favorit kita semua, yaitu Pudge, memang mirip banget sama Franco, apalagi kalau menggunakan skin Wasteland Butcher. Di Arena of Valor juga ada Grakk. Ternyata, di League of Legends, juga ada lho champion yang mirip, yaitu Blitzcrank!

Pertama, Pudge dan Franco Wasteland Butcher memiliki perawakan mirip, yaitu sama-sama tukang daging dan berbadan besar. Lalu keempat hero yang disebutkan di atas juga memiliki skill serupa, yaitu Hook atau kemampuan untuk menarik musuh mendekat.

Menariknya, kemampuan Franco dan Grakk itu mirip banget! Mereka sama-sama memiliki kemampuan menarik lawan, dan juga menghentakkan tanah untuk memberikan damage ke sekitarnya.

Sulit Mengalahkan Pudge? Ikuti 5 Tips Ini Dijamin GG!

Lagi-lagi ketemu Pudge di mid! Tapi, sebenarnya mudah lho cara mengalahkan Pudge! Mau tahu? Salah satunya adalah sedia hero dengan kemampuan disable!


Lalu Grakk juga memiliki skill pasif Pudge, ketika ia membunuh hero, Grakk mendapatkan tambahan HP. Sedangkan Blitzcrank juga tidak jauh berbeda skill-nya. Selain memiliki hook, Blitzcrank memiliki Power Fist yang melontarkan lawannya ke udara, alias disable.

3. Yorn, Ashe, dan Drow Ranger

hero MOBA

Setiap permainan MOBA, rasanya memiliki archer andalannya masing-masing. Misalnya saja di Dota 2 ada Traxex, sang Drow Ranger. Kemudian di Arena of Valor, kita mengenal Yorn. Lalu di League of Legends tentu saja ada Ashe.

Drow Ranger dan Ashe secara spesifik memiliki kemiripan dalam bentuk dan desain karakternya. Mereka sama-sama pemanah perempuan, memiliki rambut putih, dan menggunakan jubah. Keduanya juga memiliki elemen es di dalam serangannya.

Guide Pemula Dota 2: Drow Ranger, Pemburu Bertudung Dicintai Semua Hero Range

Drow Ranger, Hero range yang sangat kuat di patch apapun. Baik untuk push maupun bertempur Drow strat selalau menjadi andalan.


Sedangkan Yorn di sini memiliki kemiripan dengan Ashe, terutama di ultimate yang dimiliki. Ultimate Ashe adalah menembakkan panah dalam range global, dan target yang terkena akan menerima damage serta stun. Sedangkan Yorn juga sama, akan tetapi hanya damage saja.

4. Balmond, Juggernaut, dan Master Yi

hero MOBA

Di kelas fighter, tentu pemain Mobile Legends tidak asing lagi dengan Balmond (meskipun lebih mirip Axe secara fisik). Kemudian di Dota 2, ada Juggernaut yang menjadi samurai andalan setiap orang. Sedangkan di League of Legends, juga ada sang ahli pedang Master Yi.

Ketiga hero di atas serupa, akan tetapi tidak sama. Skill Balmond, Cyclone Sweep, mirip dengan Blade Fury Juggernaut. Balmond akan berputar dan memberikan damage kepada musuh di sekitarnya. Begitu juga dengan Blade Fury dari Juggernaut.

Bagaimana Cara Counter Juggernaut? Ini Cara Mudah Mengalahkannya!

Sekilas, terlihat Juggernaut adalah seorang carry yang tidak memiliki kelemahan. GGWP.id kali ini memiliki lima cara counter Juggernaut ampuh!


Sedangkan untuk Master Yi, kemiripannya adalah dengan Juggernaut. Skill pertama Master Yi, Alpha Strike, mirip dengan Omnislash milik Juggernaut. Ia akan menebas musuh di dekatnya dan menjadi untargetable, meskipun damage-nya tidak sebesar Omnislash.

Sedangkan skill kedua Master Yi adalah Meditate, kemampuan regenerasi yang dimiliki oleh seorang ahli pedang, mirip dengan Healing Ward Juggernaut!

5. Irithel dan Mirana

hero MOBA

Terakhir, tentu saja ada Irithel Mobile Legends dan Mirana Dota 2 yang sempat menjadi bahan pembicaraan pemain masing-masing game. Memangnya mereka berdua sama persis? Tidak kok!

Meskipun secara model karakter mirip, yaitu sama-sama pemanah perempuan yang menunggangi harimau, akan tetapi keduanya memiliki skill yang cukup berbeda.

Apa Benar Valve Tuntut Mobile Legends? Ternyata Hoax! Ini Alasannya!

Dikabarkan Valve tuntut Mobile Legends, lagi-lagi karena plagiarisme. Tapi, apakah benar? Redaksi GGWP.id berani berkata itu hoax! Mengapa?


Mirana memiliki Starstorm, Sacred Arrow, Leap, dan ultimate Moonlight Shadow. Dari keempat skill tersebut, hanya sekiranya Starstorm yang mirip dengan Force of the Queen, di mana keduanya sama-sama memberikan damage di area sekitar.

Namun, Irithel tidak memiliki kemampuan stun seperti Mirana, dan ultimate dari Irithel bukanlah menghilang, melainkan melompat (seperti Leap) dan memberikannya bonus attack damage untuk beberapa detik.


Jadi, menurut kamu apakah hanya game A dan B saja yang “diduga” saling meniru? Ternyata tidak! Banyak kok game MOBA lain dengan kemiripan karakter antara satu dengan yang lainnya.

Ternyata Banyak Skill Hero Dota 2 yang Mirip! Siapa Saja Sih?

Dari kurang lebih 100 hero yang ada, ternyata terdapat cukup banyak skill hero Dota 2 yang mirip satu sama lain lho! Kira-kira skill apa saja ya?


Lagipula, masih banyak hero MOBA di luar sana dengan kemiripan satu sama lain yang tidak hanya di empat game ini saja. Masih ada Heroes of the Storm, Heroes of Newerth, dan mungkin saja kalau kamu pernah main, Heroes Evolved.

Akhir kata, kemiripan karakter hero MOBA itu adalah hal yang wajar! Bagaimana menurutmu?


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here