Buff? Nerf? Rework? Bug? Apa Sih Arti Istilah Patch MOBA?

Ada yang masih gatau arti buff, nerf, rework, dan bug?


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Gamer pasti sudah akrab dengan istilah buff, nerf, bug, dan rework. Tapi pasti ada diantara kamu yang masih pemula dan asing dengan istilah-istilah teknis tersebut.

Padahal istilah tersebut sangatlah sering diucapkan dan digunakan oleh gamer saat membicarakan update sebuah game. Kalau kamu termasuk yang masih bingung, langsung saja simak ulasan ini sampai habis!

Mengenal Istilah Buff, Nerf, Bug, dan Rework

buff, nerf, rework, dan bug

Sumber, thenerdstash

Buff, nerf, bug, dan rework adalah istilah-istilah yang sering muncul di game apapun dan terutama saat ada update patch. Tanggapan-tanggapan sering bermunculan dari para gamer dan menjadi perdebatan setiap ada update.

Mungkin di antara kamu sudah banyak mendengar, “hero bagus-bagus kok di nerf?”, “hero jelek-jelek di buff”, “hero dah enak dipakai di-rework”, atau “hero masih nge-bug kapan dibetulin?”

Setiap perubahan dalam sebuah game tentu sangat dipertimbangkan sangat matang oleh para developer game. Mereka tentu tidak asal merombak begitu saja setiap update dengan pertimbangan menurut mereka sendiri.

Para developer game melakukan buff, nerf, memperbaiki bug, dan rework di setiap update-nya tentu setelah mendapatkan pertimbangan dari komunitas gamer. Mereka tidak melakukan asal update saja demi keuntungan mereka.

Setiap update adalah kabar baik! Ini yang perlu diingat, karena setiap update akan memberikan warna baru kedalam game itu sendiri. Walau tidak terkecuali saat awal update akan lahir perdebatan dan protes para pemain.

Maniac? Savage? Ini Arti Istilah Kill Mobile Legends yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!

Apa sih bedanya Savage dengan Legendary? Apakah kamu tahu? Kalau belum, jangan lewatkan artikel soal istilah kill Mobile Legends ini!


Tetapi jika update itu membawa perubahan positif, maka selanjutnya game tersebut akan berjalan dengan baik! Buff, nerf, dan rework yang dilakukan pada saat update terkadang menjadi sebuah momok dalam sebuah perubahan.

Momok yang membuat seorang karakter menjadi lebih kuat, lebih lemah, ataupun menjadikan karakter tersebut menjadi sulit dimainkan. Padahal, setiap update dari game ditujukan untuk memberikan keseimbangan permainan.

Dan juga untuk memberikan pengalaman bermain baru dan lebih menyenangkan! Mari kita lihat yuk apa sih arti dan tujuan buff, nerf, bug, dan rework tersebut!

Buff: Memberikan Kenaikan Status

buff, nerf, rework, dan bug

Sumber, youtube SwaggXBL

Istilah ini biasanya ada di dalam permainan saat kamu mendapat efek peningkatan status dalam permainan. Efek ini bisa kalian dapatkan dari membunuh monster, item, dan buff dari teman.

Buff menjadi sering didengar saat patch update sebuah game, walaupun hal itu lebih tepat disebut perubahan status, tetapi hal yang sifatnya menaikkan atau membuat karakter itu menjadi lebih jago disebut buff.

Ingat, buff karakter pada sebuah update akan membuat karakter tersebut menjadi lebih seimbang!

Biar Gak Dibilang Anak Bawang, 11 Istilah Game Ini Wajib Banget Kamu Pahami

Ada Hack n slash, ada MOBA, ada MMORPG dan masih banyak lagi. Tahu gak apa arti istilah game tadi slur? Kalau belum, simak artinya di sini!


Nerf: Penurunan Status

buff, nerf, rework, dan bug

Sumber, youtube onlybrothers Dota 2

Nerf artinya memberikan efek status negatif dalam sebuah permainan. Status ini didapatkan dari monster atau karakter musuh yang mengeluarkan skill berefek negatif. Nerf bisa berupa penurunan armor, attack speed, atau kecepatan bergerak.

Istilah nerf dalam sebuah patch juga sering dipakai, istilah tersebut kadang menjadi momok yang mengerikan! Misalnya heronya jadi cupu atau ampas, padahal nerf dilakukan karena karakter tersebut sebelumnya terlalu overpowered (OP) atau terlalu kuat!

Penyeimbangan dengan nerf perlu dilakukan untuk memberikan keseimbangan pada karakter tersebut.

Rework: Perubahan Total?

buff, nerf, rework, dan bug

Sumber, youtube Blame The Controller – Overwatch

Rework artinya mengolah lagi atau pengerjaan ulang. Rework di dalam game biasanya terdapat pada setiap patch, dan rework dilakukan untuk item, gear, ataupun karakter.

Rework dilakukan dengan tujuan memberikan suasana baru dalam sebuah permainan. Misalnya, perubahan animasi karakter, skill, atau perubahan status. Developer game melakukan rework dengan pertimbangan matang untuk tidak mengubah orisinalitas karakter tersebut.

Bug, Error, atau Kesalahan

buff, nerf, rework, dan bug

Sumber, techgenmag

Bug adalah error atau kesalahan program yang terjadi dalam game. Bug ini sangat lazim terjadi dalam program komputer termasuk game. Tidak ada program yang sempurna di dunia ini!

Para developer mempunyai perhatian khusus terhadap bug, mereka dengan segera akan mencari solusinya. Saat mencari inilah developer game membutuhkan waktu yang relatif lama karena sebuah program itu terdiri dari ribuan baris kode dan perlu diketahui asal muasalnya!

Untuk itulah komunitas game juga turut berperan untuk memberi tahu jika terjadi bug, karena hal tersebut bisa saja tidak diketahui oleh developer.

Memang pembetulan bug memakan waktu yang lama, tetapi setelah bug itu hilang, kalian bisa memainkan game tersebut tanpa khawatir!

Baca Juga : Poke, Nuke, dan Istilah Tentang Skill Lainnya Dalam MOBA yang Perlu Kamu Pahami

Sudah pahamkah kamu setiap istilah buff, nerf, bug, dan rework di dalam game? Semoga kamu mendapat sudut pandang yang baru dan mulai menikmati game!


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!


Artikel Terkait