Kenapa Aplikasi Free Fire Tidak Bisa Update? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

658
kenapa-ff-tidak-bisa-di-update
Tangkapan Layar Aplikasi Free Fire. Sumber : GGWP.ID

GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Ternyata, ada beberapa alasan kenapa aplikasi FF kamu tidak bisa di update lho. Ada faktor internal dan ada juga faktor eksternal.

Setiap permasalahan juga butuh penanganan atau solusi yang berbeda. Untuk tahu apa saja penyebab dan solusi aplikasi Free Fire tidak bisa update, simak ulasannya berikut ini.

Terjawab Sudah! Ternyata Ini Alasan Utama Kenapa Purgatory Dihapus dari Free Fire

Ada alasan kuat kenapa map Map Purgatory harus dihapus oleh Garena. Bukan karna tak penting, tapi ternyata demi pemain Free Fire itu sendiri lho!


Alasan Kenapa FF Tidak Bisa di Update

Penyebab FF gagal terus pas coba update ini ada beberapa. Entah faktor internal dari HP-nya, maupun faktor eksternal seperti jaringan.

Biasanya saat gagal update, akan ada beberapa notif berbeda tergantung penyebabnya. Berikut beberapa penyebab yang umum terjadi:

1. Memori HP penuh

kenapa-ff-tidak-bisa-di-update
Sumber Foto :
DU Beat

Bisa jadi memori HP kamu sudah penuh dengan data-data pribadi. Mulai dari foto, video, atau mungkin file-file dokumen yang sebenarnya sudah tidak terpakai.

Setiap melakukan update, biasanya aplikasi akan memberitahu berapa memori yang dibutuhkan untuk bisa update. Jadi pastikan ada space kosong untuk download Free Fire ya.

Kamu bisa menghapus data yang tidak dibutuhkan, baik di memori internal maupun eksternal seperti SD Card yang terpasang.

2. FF tidak bisa di update karena cache

Cache adalah data aktivitas kamu yang tersimpan di dalam memori internal. Nah sifat dari cache sendiri bersifat sementara dan tersimpan di RAM.

Cache ini memang memudahkan kita dalam menggunakan smartphone. Contohnya, kamu tak perlu login ulang saat membuka aplikasi FF karena data email dan password sudah tersimpan di dalam cache.

Namun, saat terlalu banyak cache tersimpan di memori maka yang terjadi adalah HP lemot dan memori internal bakal kepenuhan. Alhasil, kamu gak bisa update aplikasi Free Fire.

Kenapa Garena Free Fire Tidak Bisa Login? Ternyata Begini Penjelasannya

Banyak pemain dari Garena Free Fire yang mengeluh kalau mereka tidak bisa login ke dalam gamenya. Lalu, apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?


3. Koneksi pengaruhi kenapa FF tidak bisa di update

Masalah koneksi juga faktor penting kenapa FF tidak bisa di update. Untuk melakukan update kamu butuh koneksi yang stabil.

Sebab, biasanya saat update kamu harus mengunduh file dalam jumlah besar. Maka dari itu kamu harus memastikan kalau koneksi kamu aman.

4. Play Store error

Masalah Free Fire yang gagal update juga bisa terjadi karena faktor dari aplikasi Play Store di HP kamu.

Pastikan kamu selalu melakukan update pada OS dan juga aplikasi Play Store di HP kamu. Selai itu, pastikan kamu hanya menginstal dan melakukan update Free Fire dari Play Store ya.

Jika kamu mengunduh di situs tidak resmi, bisa saja APK-nya ada yang bermasalah dan membuat kamu kesulitan melakukan update.

 

Cara mengatasi Free Fire yang Tidak Bisa di Update

Nah setelah tahu apa saja kemungkinan penyebabnya, kini kita bahas solusi untuk mengatasinya. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba.

1. Hapus data tak perlu

Jika penyebab gagal update adalah memori yang penuh, maka solusi terbaik adalah menghapus data-data yang sebenarnya tidak kamu perlukan lagi.

Kamu bisa menghapus atau memindah foto, video, atau dokumen lain yang tidak diperlukan dari HP ke memori lain, hard disk eksternal misalnya.

Hapus juga aplikasi-aplikasi yang jarang atau tak pernah kamu gunakan. Karena aplikasi tersebut juga mengambil peran atas memori kamu yang penuh.

2. Hapus cache

Langkah kedua untuk mengatasi FF tidak bisa di update adalah dengan menghapus cache. Hapus cache dari aplikasi Free Fire dan kalau perlu aplikasi Play Store di HP kamu.

Caranya masuk ke Pengaturan>Aplikasi>Pilih Free Fire/Play Store>Hapus Cache. Setelah melakukan langkah ini kamu nantinya harus login ulang ke aplikasi FF.

Tapi tenang, data akun FF kamu aman kok tersimpan di server Garena. Jadi ini hanya menghapus memori aplikasi Free Fire yang di HP kamu saja.

Trik Mengembalikan Akun Free Fire yang Kena Suspend Paling Aman!

cara mengatasi akun ff yang di-suspend ternyata tidak melulu soal root hp! Malah bisa berbahaya untuk smartphone kamu loh. Ini cara benarnya.


3. Pakai Wifi

Kalau koneksi provider yang kamu gunakan kurang stabil, maka solusinya adalah cari wifi dengan koneksi yang lebih stabil.

Kalau di daerah kamu jarang ada penyedia wifi, kamu bisa cari cara lain. Seperti mencari lokasi strategis di mana sinyal terasa kuat, atau update pada dini hari saat tidak banyak orang pakai internet.

Koneksi pada malam hari biasanya lebih lancar karena lebih sedikit orang yang mengakses atau menggunakan jaringan.

4. Restart HP

kenapa-ff-tidak-bisa-di-update
Sumber Foto : How To Geek

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil juga, coba untuk melakukan restart pada HP kamu. Ibarat kata restart ini membiarkan HP kamu untuk menyegarkan kembali pikiran dari otak HP.

Seringkali, beberapa error atau kesalahan yang terjadi pada HP kamu bisa diatasi dengan cara uang satu ini.

5. Instal ulang Free Fire

Kalau masih saja susah untuk update, coba deh untuk melakukan uninstall aplikasi FF di HP kamu. Setelah itu lakukan install ulang aplikasinya.

Nah pastikan kamu untuk mengunduh APK resmi Free Fire ya. Untuk kamu pengguna android bisa download di sini, kalau pakai iOS download di sini.

Baca Juga : Kenapa Free Fire Banyak yang Main? Ini Jawabannya!

Nah itu dia ulasan kenapa FF tidak bisa di update dan sekaligus cara mengatasinya. Semoga bermanfaat?


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here