Ini Kisah Timnas Dota 2 Indonesia Selama Razer Sea Games Bootcamp!

“kita tetap bakal kasih yang terbaik di Sea Games untuk Indonesia!”


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Mendapatkan kesempatan menjalani pelatihan di Razer Sea Games Bootcamp dan dibantu oleh coach BuLba tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi pemain timnas Dota 2 Indonesia.

Di jeda waktu kegiatan skrim, penulis berkesempatan mewawancarai timnas Dota Indonesia yang diwakili oleh Kevin “Visery” Manuel Johan.

Visery mengungkapkan bahwa selama Razer Sea Games bootcamp, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapatkan, terlebih dari seorang BuLba yang memberi masukan.

timnas dota indonesia

“Kita dapat pengalaman lebih. Kita dapat ilmu baru dari coach BuLba. Kita dapat ilmu-ilmu yang kita langsung terapin kemarin pas lawan Thailand.” Ungkap Visery.

“Jadi kemarin (2 September) kita dicoach BuLba, kita dapat ilmu-ilmu, lalu kita pakai lawan Thailand dan kita menang. Walaupun itu cuma skrim tapi kita lumayan happy.” lanjutnya.

Baginya dan juga anggota tim yang lain, ilmu yang didapatkan dari BuLba bukan soal hero spesifik maupun pembahasan patch mendalam, melainkan ilmu dasar yang akan sangat berguna dan bisa diterapkan walaupun meta berubah sekalipun.

“Ilmu yang BuLba berikan itu ilmu yang general. Enggak ada spesifikasi hero yang dikasih. Jadi saya yakin kalau apa yang sudah dikasih oleh BuLba itu bakal tetap bisa kita terapin walaupun metanya akan berubah.”

timnas dota indonesia

Mengenai lawan terberat selama Razer Sea Games bootcamp, Visery mengungkapkan Thailand adalah lawan yang paling kuat.

“Yang paling strong itu tim Thailand. Mereka ada Jabz sama 23Savage. Mereka berdua adalah tonggak utama dari tim Thailand. Jabz yang sudah ikut TI, Savage yang masa depannya cerah banget. Mereka adalah lawan yang tangguh di bootcamp ini.”

“Tapi kemarin kita seharusnya bisa menang 2-0. Tapi kita ada kesalahan kecil, dan mereka bisa memanfaatkannya jadi imbang 1-1.”

timnas dota indonesia

Untuk dua negara lainnya yaitu Singapura dan Filipina, dia menyiratkan bahwa Singapura masih bisa diatasi. Sedangkan Filipina, walau berhasil dikalahkan 2-0, masih belum bisa ditebak karena belum roster final.

“Lawan Singapura kita menang 1-0. Namun gamenya one sided banget. Kalau Filipina sendiri gak bisa ketebak karena mereka satunya pakai standin. Offlaner mereka gak bisa ikut. Dan ini bukan roster finalnya.”

Untuk persiapan selanjutnya, setelah Razer bootcamp, Visery memberi masukan untuk lebih sering diterjunkan dalam turnamen, seperti diadakan pra Sea Games, daripada bootcamp. Menurutnya tekanan di turnamen akan lebih memompa untuk memberikan permainan terbaik sebelum Sea Games.

timnas dota indonesia

“Lebih baik kita memiliki turnamen sebelum Sea Games daripada bootcamp. Karena selama bootcamp itu tidak seperti turnamen. Bisa saja mereka (negara lain) tidak memberi maksimal apa yang mereka akan berikan nanti (ketika Sea Games).”

“Kalau ada turnamen pra Sea Games itu akan sangat baik. Jadi bakal bisa lebih perbaikin performa kita.”

timnas dota indonesia

Terakhir, Visery juga menyampaikan bahwa mereka akan terus memberikan yang terbaik di Sea Games untuk nama Indonesia.

“Pesan untuk teman-teman player Dota, untuk komunitas, kita bisa sama-sama saling suport. Kalau ada yang ragu buat kemampuan kita, kita tetap bakal kasih yang terbaik di Sea Games untuk Indonesia!”


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!


Artikel Terkait