Viral! Calon Sarjana Ketahuan Mencuri Konten YouTuber Ini

Waduuuuuh, kok nggak kapok-kapok ya?


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Siapa di sini yang tidak kenal dengan Calon Sarjana? Kanal YouTube tersebut saat ini memiliki 12 juta subscribers dan cukup terkenal di kalangan warganet dengan konten mereka yang “dipertanyakan” keorisinilannya.

Tanggal 6 November lalu, mereka mengunggah satu video yang isinya menceritakan tentang Parlophone Records yang mengalahkan T-Series di daftar peringkat Socialblade, meskipun hanya memiliki 62 subsciber saja.

Namun, ternyata (seperti yang sudah diduga) “konten” tersebut merupakan hasil curian dari video seorang YouTuber luar, JT, yang diunggahnya 2 minggu lebih awal. Dan ini dibuktikan secara langsung pada salah satu videonya di bawah ini.

Dalam video tersebut, JT benar-benar membongkar dengan detil seberapa banyak konten yang dimilikinya dicuri oleh Calon Sarjana, dan ternyata kurang lebih seluruhnya dipakai oleh mereka, lengkap hingga thumbnail sama yang hanya diubah sedikit saja. Sebagai referensi, inilah video milik JT yang membahas topik yang sama.

Sebenarnya JT tidak akan terlalu menggubris masalah ini bila Calon Sarjana mencantumkan namanya beserta link ke kanal YouTube miliknya, namun bukan hanya tidak mencantumkan credit saja, Calon Sarjana bahkan tidak menyebutkan JT sama sekali dalam video mereka saat membahas chat JT dengan Socialblade, mereka hanya mereferensikan dirinya dengan ‘orang lain’.

Tentu saja JT tidak menerima hal ini, dan langsung bertindak tegas. Selain membuat video tersebut, dia juga menghubungi Calon Sarjana secara langsung. Tidak diketahui apakah isi pesan yang dikirimkan sama seperti pada video milik JT yang mengatakan “12 juta subscriber tapi tidak bisa membuat konten sendiri, kamu merusak platform ini (YouTube). Dasar sampah”.

Setelah menghapus video mereka, pihak Calon Sarjana juga membuat permohonan maaf ke JT lewat twitter. Tapi karena isinya yang berkesan tidak serius, apalagi karena ini hanya satu dari ratusan video mereka yang merupakan konten curian.

Seperti yang kita ketahui, ini bukan pertama kalinya Calon Sarjana mencuri konten dari luar. Sudah banyak sekali video mereka yang bukan konten orisinil dari sejak kanal tersebut berdiri.

Baca juga: Memerangi Kecanduan Gim, Tiongkok Berlakukan Peraturan Ini

Mengingat JT terkenal sudah beberapa kali membongkar “kelakuan nakal” YouTuber lain hingga tuntas, tampaknya masalah ini tidak akan berakhir begitu saja. Apakah ini awal dari akhir kanal Calon Sarjana, yang dikenal dengan sebutan ‘Content Stolen‘, dan kanal peranakannya yang lain setelah sekian lama?


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!



Tentang Penulis

Isaac Pendragon

Plz subscribe to my youtube channel~ Also, follow me on IG @isaacpendragon

Artikel Terkait

Nembus tembok gan, kaya cheat tembak-tembakan dari Pekalongan!

Inilah bukti kerasnya region Tiongkok!