Mau Livestream? Ini 5 Aplikasi Gratis untuk Stream Selain OBS

Yang seneng livestream, kalian pake aplikasi apa?


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Livestreaming saat ini sudah menjadi gaya hidup dari kebanyakan gamer. Ada yang melakoninya sebagai pekerjaan tapi di sisi lain ada yang melakoninya sebagai kegiatan iseng belaka. Dengan berbagai resource yang mendukung seperti internet cepat dan aplikasi yang mumpuni, livestreaming bisa dilakukan dengan mudah.

Nah, biasanya, untuk melakukan livestreaming, gamer menggunakan sebuah aplikasi bernama Open Broadcaster Software atau OBS. Software ini merupakan salah satu aplikasi livestreaming terbaik yang pernah ada.

Tapi selain OBS, gamer juga bisa mencoba beberapa aplikasi livestream. Lantas apa saja? Yuk mari kita bahas satu per satu.

1. Geforce Experience

GeForce iCafe

Geforce Experience merupakan aplikasi bawaan dari Nvidia. Aplikasi ini memungkinkan gamer untuk melakukan optimisasi terhadap game yang ingin mereka mainkan secara otomatis. Dengan begini gamer tak perlu repot-repot lagi melakukan setting terhadap game tersebut.

Geforce Experience memang tak selengkap OBS tapi juga tak serumit OBS. Livestream menggunakan Geforce Experience juga cukup terbatas yakni untuk Facebook, Youtube, dan Twitch saja.

2. AMD ReLive

AMD ReLive bisa dibilang mirip-mirip seperti Geforce Experience tapi khusus untuk kartu grafis Radeon saja. Gamer bisa melakukan streaming menggunakan AMD ReLive tentunya. Menariknya, game tersebut bisa dipindahkan menggunakan fitur bernama AMD Link ke smartphone kalian.

AMD Relive juga diperkaya dengan fitur ingame replay, gif support, dan scene editor. Keren bukan?

3. XSplit

XSplit ini merupakan software selain OBS yang bisa digunakan untuk memb uat livestream. Tak hanya terpaku pada game, XSplit juga ternyata mantap untuk digunakan melakukan livestream di luar game dengan fitur Broadcaster.


Sedangkan untuk fitur Gamecaster, itu merupakan fitur khusus untuk para gamer melakukan streaming. Aplikasi ini gratis tapi ada beberapa konten yang perlu dibayar per bulannya.

4. Game Show

Game Show merupakan aplikasi selain OBS yang menarik untuk digunakan oleh para livestreamer. Ya, gamer bisa menambahkan musik serta memasukan lebih dari satu layer ketika live stream. Kerennya, aplikasi ini bisa dikonversi ke OBS!

Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya bisa melakukan streaming di Youtube dan Twitch saja.

5. Elgato Gaming

Elgato Gaming merupakan software livestream selanjutnya yang tak kalah keren dari OBS. Tapi sayangnya, untuk melakukan streaming dengan ini kalian membutuhkan hardware bernama Elgato yang harganya bisa dibilang tidak mudah.

Tapi dengan Elgato, hasil streaming kalian bisa dibilang akan cukup sempurna dan bagus dari segi framerate. Menariknya, Elgato juga bisa dilakukan untuk merekam livestreaming console.


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!



Tentang Penulis

Artikel Terkait

Ling apa yang dikejar semua orang? Ma”Ling”! h3h3h3