Pemerintah Sedang Godok Kebijakan Peraturan Game dan Esports

Salah satu tujuannya, profesi gamer bisa diakui dan memiliki payung hukum. Ya tapi gamer pro, bukan kaleng-kaleng lur.


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

Perkembangan game dan esports di Indonesia benar-benar mendapat perhatian khusus dari pemerintah Indonesia. Dan saat ini Pemerintah saat ini sedang menggodok kebijakan dan peraturan mengenai game dan esports di Indonesia.

Adapun pembahasan mengenai regulasi game dan esports saat ini sedang masuk tahap pembahasan antara pihak kementerian terkait yaitu Kemenpora, Kominfo, Badan Ekonoi Kreatif dan Kantor Staf Presiden (KSP), seperti yang diungkapkan oleh Abraham Wirotomo, tenaga ahli Madya Kedeputian II KSP.

“Sekarang sudah sampai tahap diskusi lintas kementerian. Jadi, harapannya setelah digodok di lintas kementerian nanti draft ini akan kita bawa ke Presiden” kata Abraham yang ditemui selepas konferensi pers SEACA, Selasa 23 Juli 2019 kemarin.

Adapun dalam pembahasan ini ada tiga hal yang menjadi fokus yaitu perlindungan kepada anak, budaya dan ideologi. Kemudian yang kedua adalah promosi Industri game. Dan yang ketiga adalah promosi industri esports.

“Jadi pertama proteksi dulu, kita harus melindungi anak-anak kita” kata Abraham. “( kedua) Jadi nanti ada support infrastruktur, support untuk riset” tambahnya.

“Lalu yang ketiga adalah promosi industri esportsnya. Jadi supaya turnamen esports bisa lebih besar, turnamen bisa lebih diakui” lanjut Abraham.

Adapun tujuan dari rencana regulasi ini untuk meningkatkan nilai ekonomi dari industri game dan esports menjadi dua kali lipat dalam dua hingga tiga tahun ke depan, membuka lapangan pekerjaan lebih banyak dan profesi gamer jadi lebih diakui.

“Profesi teman-teman gamers jadi semakin diakui. (contohnya) Tidak ada lagi ribet soal imigrasi. Sekarang gamers masih belum diakui statusnya sebagai apa karena tidak ada payung hukum, jadi imigrasi juga bingung (mengenai pengakuan profesi-red)” jelas Abraham.


Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

Artikel Terkait

Inget rank dulu, baru stream! Tar warrior sok-sokan stream, malah ancur lur..