Menkominfo Tanggapi Fatwa Haram PUBG oleh MPU Aceh

yaa, semoga bisa bijak dalam mengambil keputusan.


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini sedang ramai mengenai fatwa haram PUBG oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Kini hadir tanggapan Menkominfo terkait fatwa haram PUBG tersebut.

Dikutip dari detik.com pada Senin malam (24/6/2019), Rudiantara selaku Menkominfo mengaku belum mengetahui fatwa haram bermain PUBG dan sejenisnya. Beliau mengatakan akan berbicara dengan pihak terkait.

“Kami belum tahu itu. Nanti harus bicara dengan stakeholders itu semua” ungkap Rudiantara.

MPU Aceh Resmi Keluarkan Fatwa Haram Untuk PUBG dan Sejenisnya

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah resmi mengeluarkan fatwa haram untuk bermain PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan sejenisnya.


Fatwa haram oleh MPU Aceh ini muncul setelah keputusan siding pada tanggal 19 Juni 2019 silam. Fatwa ini telah disetujui oleh 47 ulama dalam keanggotaan MPU Aceh.

Setelah kita menggelar sidang selama dua hari, hasilnya game PUBG dan yang sejenisnya hukum bermainnya haram.” Jelas Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku Faisal Ali dilansir dari Detik.com

Sebelum mengeluarkan fatwa, MPU Aceh menggelar sidang paripurna ulama III tahun 2019 dengan tema: “Hukum & Dampak Game PUBG (Player Unknown’s Battle Grounds) dan sejenisnya menurut fiqih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi”.

Sidang ini digelar di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, Sekretariat MPU Aceh sejak 17-19 Juni 2019.

Aceh Akan Menerapkan Hukum Cambuk Bagi Para Pemain Gim Online Terutama PUBG

Dinas Syariat Islam Kota Langsa menerapkan hukum cambuk kepada pemain PUBG dan sejenisnya setelah fatwa haram yang dikeluarkan oleh MPU


Tindak lanjut dari fatwa tersebut di Aceh, bahkan dikabarkan ada hukum khusus berupa hukum cambuk oleh Dinas Syariat Islam Kota Langsa, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com.

Hukum cambuk pemain PUBG ini sejatinya dikeluarkan setelah MPU atau Majelis Permusyawaratan Ulama provinsi Aceh, menetapkan fatwa haram terhadap permainan Player Unknown Battle Ground (PUBG) atau sejenisnya.

Dirazia Satpol PP, Turnamen PUBG Mobile di Sigli Dibatalkan

Setelah Langsa kini giliran kota tetangga Siglie, Aceh yang menjalankan Razia terkait fatwa haram yang dikeluarkan MPU Aceh untuk gim PUBG dan sejenis.


Terakhir bahkan ada razia dan pembatalan turnamen PUBG Mobile di Sigli pada tanggal 22 dan 23 Juni 2019 kemarin.

Seperti yang dilansir dari Tribun News,  Kasatpol PP dan Wilatul Hisbah atau WH Pidie, melalui penyidiknya Tgk Razali Yusmar mengatakan razia tersebut berlangsung aman dan tertib serta tidak ada perlawanan atau protes berlebih dari para pemilik kafe.

“Semua mereka terima dan tidak mempersoalkan Razia yang kita lakukan, turnamen PUBG direncanakan tersebut akhirnya dibatalkan.” Imbuh Razali terkait razia ini.

Muncul Fatwa Haram PUBG, Komunitas Game di Aceh Kecewa.

Anggota dari komunitas Ruang Game Aceh mengaku kecewa dan merasa tertekan dengan munculnya fatwa haram PUBG oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).


Namun menanggapi fatwa tersebut, ada juga kekecewaan dari komunitas gamer di Aceh. Dilansir dari Kompas.com, Para anggota mengaku, sejak beberapa tahun terakhir, game sudah menjadi kegiatan profesional dan sumber penghasilan bagi mereka.

” Bagi sebagian anggota komunitas Ruang Game di Aceh, game PUBG sudah menjadi profesi bukan hanya sekedar hobi atau menghabiskan waktu sia-sia. Game ini dapat menghasilkan rupiah,” ucap Rizal, salah satu anggota dari komunitas ini.


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!



Tentang Penulis

Artikel Terkait

Simpen dulu, buat baca pas malam..