Mau Jadi Pemain Esport? Ini 3 Hal Penting yang Perlu Kamu Miliki!

MMR sudah tinggi, tapi masih susah jadi pemain pro esport? Apakah kamu punya 3 hal ini? #GAMES #DOTA2


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

Saat kamu melihat sebuah pertandingan kompetisi esport yang besar, terbesit pikiran kalau kamu ingin menjadi seperti mereka. Bermain dengan mereka sudah, berlatih seperti mereka sudah, kemudian apa lagi?

Segala hal sudah kamu tiru! Dari cara bermain mereka, misal pembukaan spam grenade sudah, cek setiap sudut sudah, memulai peperangan dengan skill yang tepat sudah, mempelajari timing skill sudah, dan sebagainya.

Kamu mulai merasa skill yang kamu punya sudah hampir sama (MMR sudah tinggi), tetapi masih terasa sebuah ganjalan, “aku mampu gak sih?”

Pertanyaan tersebut kemudian terus terulang, hingga sampai pada satu titik kamu capai dan menyerah. Tidak ini bukan saatnya! Kamu pun menjawab “aku harus bangkit!

Bagaimana pernyataan “aku harus bangkit” bisa terbesit? Jawaban tersebut muncul ketika dirimu menolak untuk menyerah, dan merasakan gejolak dalam tubuhmu untuk terus melawan pikiran negatif!

Sumber, LoL Esport

Aku sudah bermain dengan baik, merekanya saja yang tidak bisa bermain“, “Bah! Mereka tidak mengerti apa aku lakukan, aku bahkan lebih bermain baik daripada mereka yang berkomentar!“, pikiran ini terlintas di saat kamu sedang bermain buruk dan menerima banyak kritikan.

Sesudahnya, kamu perlahan-lahan melihat sisi dirimu yang buruk, kamu mulai belajar setiap masukan dari mereka, dan kamu mau mulai membuka diri untuk menerima setiap masukan positif.

Kalem Guys! Ini Tips Buat Kamu Mengendalikan Emosi di Pertandingan Esport!

Saat kamu mengalami sebuah game yang buruk, jangan malah emosi! Ikuti tips mengendalikan emosi berikut ini agar jadi pemain yang lebih baik.


Kamu akan bertanya mengapa setiap pikiran negatif dan positif bisa lahir? dan bagaimana membentuk sebuah kebiasaan baru? Berikut tiga hal dalam esport yang harus dimiliki ketika kamu ingin menjadi atlet pro esport!

1

Motivasi

tiga hal dalam esport

Sumber, dotesport

Motivasi! Ya, motivasi menjadi seorang atlet pro esport. Siapkan dirimu untuk selalu semangat baik kemenangan maupun kekalahan!

Apa yang menjadikan bahan bakarmu untuk menjadi atlet pro esport adalah motivasi! Buatlah sebuah goal untuk dirimu setiap kamu mendapat kemenangan itu yang menjadi motivasi, dan fokuslah pada goal tersebut!

Saat kamu mendapatkan kekalahan ataupun MMR-mu berkurang, pikirkanlah itu hanya 0,0001 persen dalam setiap pertandinganmu, ingatkan dirimu akan goal yang kamu raih! MMR 9K, rank tertinggi di leaderboard, uang jutaan dolar?

Tanamkan semuanya dalam hatimu!

2

Mindset

tiga hal dalam esport

Sumber, Slingshotesport

Mindset atau pola pikir. Pikiran menjadi senjata terbesar sekaligus senjata terburuk dalam dirimu, terapkan sebuah pola pikir yang benar untuk mendapat raihan positif!

Beritahu dirimu untuk menjadi atlet pro itu butuh pengorbanan yang besar! Ketika pemain lain bisa bersantai, di saat itu kamu terpaku di depan game dan berlatih. Bahkan saat kamu mandi, makan, dan tidur, kamu akan terus berpikir cara bermain yang baik.

Saat bermain kamu haru mempunyai mindset yang tepat!

Misalnya, saat kamu mengalami kekalahan ingatkan dirimu bahwa kamu ikut memberi kontribusi pada kekalahan dan jangan pernah menyalahkan pemain yang lainnya! Dengan cara yang super tidak enak ini, kamu akan bertumbuh baik skill maupun pola pikir!

3

Attitude

tiga hal dalam esport

Sumber aftonbladet

Attitude, perilaku, sikap! Perilakumu menentukan hasil yang akan kamu dapatkan. Ketika kamu mendapat sebuah nasihat dari seorang yang berpengalaman darimu, terimalah dengan rendah hati dan jadikan masukan untuk dirimu!

Tanamkan sebuah sikap yang positif saat bermain, bentuk sebuah kebiasaan yang baru untuk dirimu dan lingkunganmu!

Pemain Esport Pro, Berbakat Sejak Lahir atau Diasah? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Apakah pemain esport profesional mempunyai bakat esport dari lahir? Jawabannya ada di artikel ini. Cari tahu bagaimana mereka bisa meraih cita-citanya!



Pada akhirnya itulah tiga hal dalam esport yang akan membentuk seseorang menjadi atlet pro esport.

Pastinya semua orang mencintai kemenangan dan ingin mendapatkan kemenangan sempurna. Tetapi yang terpenting, berkaca dalam diri sendiri untuk memahami kekurangan dirimu dan menjadikan hal tersebut menjadi pengalaman untuk meraih kemenangan sempurna!

Diedit oleh Audi E. Prasetyo


Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

Watdezig

Pecinta sisi psikologis esport, pingin oprek gaming gear, cerita semangat esport, dan turing yang jauh!

Artikel Terkait

Semoga di hari kelima bisa tambah lagi poinnya!

Wah nampaknya terjadi reuni antara 2 mantan pemain tim EG lur