Guide Pemula Dota 2: Morphling, Elemen Ombak dengan Dua Atribut yang Bisa Kalian Pilih!

Morphling merupakan hero unik yang bisa memilih sendiri atributnya antara strength atau agility. Bingung? Yuk cek guide Morphling bagi pemula ini!


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

Morphling merupakan salah satu hero carry yang membutuhkan banyak bantuan di awal game untuk bisa farm, namun dapat membawa kemenangan bagi tim kalian begitu ia mencapai level dan item yang dibutuhkannya! Bosan dengan hero-hero carry yang biasa kalian mainkan? Yuk baca guide pemula Dota 2 Morphling ini dan coba memainkannya!

Morphling merupakan hero carry dengan tipe serangan ranged. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya merubah atribut utamanya antara agility atau strength melalui skill Morph. Dengan menggunakan skill Waveform, Adaptive Strike, dan Replicate, tidak jarang Morphling bisa membunuh musuh dengan sekali tembak dan kabur dengan cepat!

1

Wave Form

Morphling berubah menjadi sebuah gelombang ombak yang membuatnya tidak dapat diserang dan dapat melewati medan apapun. Musuh yang terkena ombak tersebut akan terkena damage yang cukup besar.

Skill ini dapat digunakan baik untuk menginisiasi peperangan atau untuk melarikan diri. Satu trik yang bisa kalian gunakan adalah kalian bisa menggunakan kombinasi Adaptive Strike dan Ethereal Blade saat berada dalam kondisi Waveform yang membuat kalian bisa menghabisi musuh dengan cepat!

2

Adaptive Strike

Adaptive Strike memungkinkan Morphling menembakkan sebuah tembok air yang memberikan damage dan efek stun. Seperti namanya, besarnya damage atau lamanya stun dari skill ini akan bergantung dengan besaran atribut agility atau strength yang kalian miliki.

Semakin besar agility kalian maka akan semakin besar damage dari Adaptive Strike dan durasi stun akan semakin sebentar. Bila strength kalian lebih besar, maka Adaptive Strike akan bekerja sebaliknya.

Sering kali Adaptive Strike dalam kondisi agility maksimal dikombinasikan dengan item Ethereal Blade akan menghasilkan burst damage yang sangat besar. Kombinasi tersebut terkenal dengan istilah “shotgun” yang identik dengan besarnya serangan yang dikeluarkan.

3

Morph (Agi & Str Gain)

Ini dia skill yang menjadikan Morphling bisa berubah-ubah atribut sesuka hatinya. Baik ke arah agility atau strength, Morph akan menyerap mana Morphling setiap detiknya.

Salah satu kunci memainkan Morphling adalah menguasai skill Morph dan menggunakannya saat pertarungan. Salah satu tips yang bisa kalian praktikkan adalah segera mengaktifkan Morph ke arah strength bila HP kalian tersisa sekitar 30% lagi. Namun bila kalian tidak lagi menerima damage, segera hentikan Morph agar agility kalian tidak terlalu terhisap.

Kalian juga bisa tetap menggunakan skill ini walaupun dalam keadaan terkena stun loh!

4

Replicate & Morph Replicate

Skill ultimate milik Morphling ini membuatnya bisa menciptakan replika dari hero kawan atau lawan yang bisa dikendalikan dan bertahan selama beberapa saat. Morphling juga bisa mengambil posisi replika tersebut dengan kembali menekan hot key dari skill ini.

Skill ini bisa digunakan untuk keperluan ofensif, namun bagi kalian yang baru mencoba memainkan hero ini, ada baiknya kalian menggunakan Replicate untuk membantu kalian farming dan kabur saat akan dihajar oleh gank lawan.

Caranya adalah membuat replika dari hero kawan dan menempatkannya di tempat yang aman (seperti fountain atau jungle dari tim kalian), kemudian dengan cepat berpindah saat kalian melihat musuh akan melakukan gank pada kalian.

5

Item: Ethereal Blade

Morphling dapat dikatakan sebagai hero terbaik untuk menggunakan Ethereal Blade. Selain meningkatkan angka agility Morphling, Ethereal Blade akan membuat skill Waveform dan Adaptive Strike menjadi lebih menyakitkan.

Pastikan kalian memaksimalkan Moprh kalian ke arah agility, tembakkan Ethereal Blade pada musuh terlebih dahulu kemudian tembakkan Adaptive Strike setelahnya. Dengan kombinasi “shotgun” ini kalian bisa menghasilkan magical damage yang dapat membunuh hero-hero ber-HP tipis seperti Skywrath Mage atau Crystal Maiden dengan sekali tembak.

Walaupun item ini sangat penting, kalian tidak perlu mengorbankan waktu kalian hanya untuk membeli item ini. Sebaiknya kalian juga membeli item mid game seperti Power Tread dan Linken Sphere.

Bermain Morphling memerlukan kesabaran dan kemampuan untuk farm dengan cepat karena hero ini akan bersinar saat ia bisa mendapat item-item pentingnya. Menghindari war dan fokus untuk farming dapat membantu kalian mendapat item dengan lebih cepat.

Guide Pemula Dota 2: Templar Assassin, Ninja Wanita Andalan di Mid Lane!

Morphling merupakan hero unik yang bisa memilih sendiri atributnya antara strength atau agility. Bingung? Yuk cek guide Morphling bagi pemula ini!


Selamat mencoba dan perbanyak latihan ya guys! Cek juga kumpulan guide pemula Dota 2 dari GGWP.id!

Diedit oleh Arya W. Wibowo


Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Artikel Terkait

Inget rank dulu, baru stream! Tar warrior sok-sokan stream, malah ancur lur..