Inilah 3 Liga LoL yang Paling Banyak di Tonton oleh Orang di Seluruh Dunia

Dari sekian banyak liga LoL, liga-liga ini memiliki jumlah penonton dari berbagai negara yang luar biasa! Penasaran jumlahnya? Cek di sini!


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk nonton livestream dan konten video esports hampir setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.

League of Legends (LoL) merupakan salah satu game multiplayer online battle arena (MOBA) yang populer dan banyak dimainkan di seluruh dunia. Bukan hanya dimainkan, LoL bahkan memiliki berbagai liga profesional diberbagai negara loh!

LoL di bawah naungan Riot Game dapat dikatakan sebagai salah satu pelopor dalam perancangan esport yang profesional. Riot bukan saja berhasil merancang konsep liga bagi sebuah game, mereka juga berhasil memopulerkannya sedemikian rupa hingga ke berbagai negara.

Dengan berbagai peraturan ketat dan mekanisme pertandingan yang telah ditentukan, LoL mempunyai liga yang berlangsung hampir satu tahun lebih yang dibagi ke dalam dua split, yaitu summer dan spring. Di antara kedua split ini, terdapat turnamen internasional bertajuk Mid Season Invitational (MSI) dan LoL World Championship.

Turnamen internasional ini mempertemukan tim dari berbagai negara yang memperoleh poin dengan menjuarai liga di server-nya masing-masing. Bahkan data menunjukan baha LoL World Championship 2016 lalu ditonton lebih banyak orang dibandingkan dengan final NBA! Nah bagi kalian yang penasaran, ini adalah beberapa liga LoL paling populer dari berbagai belahan dunia!

1. League of Legends Champions Korea (LCK)

liga LoL

LoL Champions Korea (LCK) merupakan salah satu liga LoL yang paling kompetitif dan terkenal di dunia. Berisikan tim papan atas seperti Samsung Galaxy dan SKT T1 yang merupakan finalis LoL World Championship tahun 2016 lalu.

Walaupun sempat disalip oleh Overwatch, LoL kembali meraih tahtanya sebagai game yang paling banyak dimainkan oleh warga Korea. Hampir seluruh cafe internet di Korea dipenuhi oleh pemain LoL. Data menunjukan bahwa final LCK yang mempertemukan SKT T1 dan kt Rolster ditonton lebih dari 8 juta pasang mata! Angka yang fantastis bagi sebuah pertandingan esport!

Sebenarnya angka tersebut diperoleh berkat banyaknya penonton asal Cina yang ikut menonton pertandingan tersebut. Tercatat hampir 90% dari total penonton pertandingan final LCK tersebut berasal dari Cina, dan hanya sekitar 1% nya yang merupakan penonton dari Korea Selatan.

Dengan fakta tersebut, LCK dan LoL region Korea Selatan tetap menjadi kiblat perkembangan esport dan tim-tim kuat terutama dalam scene LoL.

2. North America League of Legends Champhionships (NA LCS)

Peringkat kedua diduduki oleh NA LCS yang pada pertandingan final antara Cloud 9 berhadapan dengan tim terkuat dari Amerika Utara yaitu Team SoloMid memperoleh total 700 ribu penonton.

Berbeda dengan LCK, 80% Penonton pertandingan ini berasal dari Amerika Utara, sesuai dengan region NA LCS. Fakta ini sejalan dengan kepopuleran NA LCS sebagai salah satu liga esport paling populer di Amerika Utara.

liga LoL

Sejak berlangsung dari tahun 2013, NA LCS telah berlangsung selama 9 split. Team SoloMid mencatatkan rekor sebagai tim dengan gelar terbanyak dengan 5 gelar LCS Champions dan selalu tampil di final selama 9 musim tersebut.

Sayangnya Team SoloMid yang begitu mendominasi di NA LCS tidak dapat berbicara banyak di kancah LoL World Champhionship, di mana mereka harus gugur di babak gorup stage dan tidak dapat melangkan ke babak 8 besar.

Fenomena ini mendatangkan pertanyaan terhadap gelaran NA LCS yang dianggap gagal menghasilkan tim yang kompetitif dibandingkan LCK. Namun NA LCS tetap dianggap sebagai liga esport yang profesional dan dikelola dengan baik.

Kira-kira liga LoL apa yang menduduki posisi ketiga paling banyak ditonton? Cek halaman selanjutnya!


Banner Tournament white alt 1
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

Artikel Terkait