Miles Jacobson: Football Manager 26, Bukan Sebuah Sekuel Melainkan Awal Baru

- Football Manager 26 adalah fondasi baru untuk puluhan tahun mendatang, dengan filosofi memulai dari awal dan membangun ulang fitur dari nol.
- Tim khusus dibentuk untuk menyeimbangkan pengalaman pemain baru dan lama, serta menambahkan fitur sepak bola wanita dengan proses yang melibatkan pakar dan peneliti global.
- FM26 memiliki UI baru yang lebih cepat, ringkas, tetapi tetap mendalam, serta sistem navigasi yang ditingkatkan dengan tiga opsi navigasi: top menu, sub menu, dan bookmark.
Bayangkan sebuah game yang telah menemani penggemarnya lebih dari 30 tahun, kini “reset” total demi masa depan. Itulah yang terjadi dengan Football Manager 26.
Setelah berani membatalkan FM25 karena merasa “belum layak”, Sports Interactive kembali dengan ambisi besar membangun pondasi baru untuk tahun mendatang.
Dalam wawancara eksklusif kepada GGWP, Miles Jacobson, Studio Director Sports Interactive, membagikan cerita tentang inovasi, keberanian mengambil risiko, dan mengapa FM26 adalah game yang lebih dari sekadar simulasi sepak bola.

Sebagai pemain baru, Football Manager bisa terasa memusingkan di awal. Bagaimana Anda menyeimbangkan pengalaman untuk pemula dan pemain lama di FM26?
Hal ini memang salah satu fokus utama kami. Sejak FM24, jumlah pemain meningkat drastis, tapi banyak pemain baru berhenti hanya setelah satu jam. Maka kami membentuk tim khusus, termasuk tim aksesibilitas, untuk mengerjakan tutorial, antarmuka baru, hingga sistem pencarian dalam game bernama FMPedia.
FMPedia berfungsi seperti ensiklopedia sepak bola di dalam game misalnya, jika mengetik "taktik", pemain bisa langsung mendapatkan penjelasan dan diarahkan ke layar terkait. Kami juga membagi prioritas pengembangan fitur berdasarkan enam persona pemain yang berbeda: mulai dari pemula, kasual, hingga hardcore.
Jadi, setiap fitur yang masuk harus relevan dengan porsi audiens tertentu.
Penambahan tim sepak bola wanita adalah langkah besar. Bisa diceritakan prosesnya?
Pertama-tama, saya harus minta maaf karena fitur ini baru hadir sekarang. Seharusnya lebih cepat, tapi ada sensitivitas komersial yang membuatnya tertunda. Kami sadar bahwa tanpa dukungan dari liputan media atau publikasi besar, sepak bola wanita sulit menembus banyak batasan.
Kami merekrut Tina Kooch, seorang pakar sepak bola wanita, yang kemudian membangun jaringan peneliti global. Banyak peneliti sepak bola pria kami yang juga ikut terlibat karena passion mereka terhadap sepak bola wanita. Kami juga mendapat banyak masukan langsung dari tokoh besar seperti Emma Hayes.
Dari sisi teknis, kami harus melakukan motion capture baru khusus perempuan, memperbaiki animasi, hingga menyesuaikan perbedaan tubuh dan gaya gerak agar tampil lebih realistis. Hasilnya, ada 11 liga wanita dengan 14 divisi yang langsung hadir sejak hari pertama rilis, lebih banyak dari sebagian besar game olahraga lain.
Fitur baru apa yang paling Anda banggakan di FM26?
Sulit memilih, ibarat diminta menyebutkan anak favorit. Tapi yang paling menonjol tentu UI baru, grafis lebih realistis berkat Unity, serta modul taktik yang jauh lebih dalam. Kami juga menyiapkan sistem transfer baru yang belum diumumkan.
Yang menarik, pemain hardcore justru sedikit “tersesat” dengan antarmuka baru karena harus melupakan kebiasaan pada antarmuka lama. Sementara pemain baru justru lebih cepat beradaptasi. Itu tantangan unik yang mungkin jarang ditemui di game lain.

UI baru ini disebut sebagai perubahan besar. Apa yang membedakannya?
Sejujurnya, versi awalnya gagal dan itulah alasan kami tidak merilis FM25. Kami mencoba membuat satu sistem navigasi tunggal dan hasilnya tidak bekerja. Kini, FM26 punya tiga opsi navigasi: top menu, sub menu, dan bookmark.
Dengan bookmark, pemain bisa menyimpan hingga enam shortcut ke layar favorit seperti taktik atau transfer. Informasi juga ditampilkan dalam potongan kecil, mirip cara orang mengonsumsi konten di era TikTok. Jadi lebih cepat, lebih ringkas, tapi tetap mendalam jika pemain ingin menggali detail.
Anda sempat menyebut FM26 bukan sekadar sekuel, melainkan awal baru untuk puluhan tahun mendatang. Bisa dijelaskan?
Engine lama kami sudah dipakai sejak 2002, dan sudah tidak sanggup lagi memenuhi kebutuhan. Alih-alih tambal sulam, kami memutuskan beralih ke Unity. Itu berarti banyak fitur harus dibangun ulang dari nol.
Kami memandang FM24 sebagai penutup sempurna generasi lama, saya menyebutnya sebuah “surat cinta untuk sepakbola”. FM26 adalah fondasi baru, dengan sebuah filosofi jika kami bisa memulai dari awal, apa yang akan kami lakukan berbeda? Itu sebabnya saya menyebutnya sebagai fase baru puluhan tahun berikutnya.
Bagaimana dengan grafik matchday? Apakah ada kekhawatiran spesifikasi tinggi jadi hambatan?
Kami masih memastikan FM26 bahkan bisa dimainkan pada laptop 10 tahun lalu, meski ya, sudah tidak ada lagi dukungan untuk laptop tersebut. Jadi yang saya mau sampaikan FM26 relatif ramah spesifikasi.
Kami tidak menargetkan menjadi pesaing EAFC atau eFootball, karena mereka adalah game kompetitif. FM selalu menjadi game simulasi sepakbola. Justru kami saling menghargai, saling tukar kode game.

Pertanyaan terakhir sebelum menuju penutup, jika FM26 adalah sebuah taktik sepak bola, apa sebutannya?
Hmm.. FM26 tidak bisa didefinisikan dengan satu taktik karena ada banyak taktik yang menggambarkan FM26, game ini multiverse. Pemain bebas menjadikannya apapun: pressing, possession, atau sekadar pelarian dari dunia nyata. Tapi kalau dipaksa memilih nama taktiknya? Maka nama taktiknya adalah “Love”.
Nama Taktik yang indah. Terakhir, apa pesan untuk para fans Football Manager?
Terima kasih atas dukungan kalian selama ini, terutama dari para pemain di Asia yang jumlahnya terus meningkat. Dan tentu saja, selamat untuk Indonesia yang berhasil menjadi juara Football Manager di FIFAe World Cup!
Itu adalah bukti nyata mengapa Asia menjadi wilayah yang sangat penting bagi kami untuk terus memberikan dukungan. Kehadiran kalian membuat perjalanan Football Manager semakin berarti, dan kami akan terus berusaha menghadirkan pengalaman terbaik di setiap seri berikutnya.