Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024: Gamer Gandrungi Genre MOBA

Gamer Milenial dan Gen-Z di Indonesia masih gandrungi game bergenre MOBA di sepanjang tahun 2023 berdasarkan Indonesia Millenial Report 2024 dan juga Indonesia Genz z Report 2024.
laporan tersebut adalah survei yang dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner di sepanjang tahun 2023 ini.
Kedua laporan tersebut (Indonesia Millenial Report 2024 dan Indonesia Gen-z Report 2024) disampaikan oleh William Utomo selaku COO IDN Media dalam pembukaan Indonesia Millenial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 yang berlangsung di SPARK, Senayan, Jakarta.

Kedua laporan tersebut menyebutkan game MOBA masih menjadi genre favorit yang dimainkan oleh gamer Milenial dan Gen-Z.
Sebanyak 24 persen gamer Milenial dan Gen-Z memainkan genre MOBA, diikuti oleh FPS (16%), Role Play (15%), Shooting (14%), Sport (10%), Simulation (9%), Casual (9%). Sementara 2% gamer milenial suka bermain berbagai genre dan tidak terpaku pada satu genre saja.

Bermain Game Karena Pengaruh Teman dan Keluarga
Selain itu, Indonesia Millennial Report 2024 dan Indonesia Gen-Z Report 2024 juga mengungkapkan alasan mereka untuk bermain.
Lebih dari 30 persen gamer Milenial dan Gen-Z memilih game yang dimainkan adalah karena rekomendari dan pengaruh dari teman serta keluarga.
Sementara sisanya adalah pengaruh dari iklan (16%), rekomendasi dari gaming store seperti google play (15%), artikel tentang game (11%), platform video YouTube (12%), serta info langsung dari developer maupun publisher game (11%).

Indonesia Millennial dan Gen Z Summit (IMGS) merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh IDN Times sebagai sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air.
IMGS 2023 diadakan pada hari ini, 24 November 2023 hingga 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, yang pagi tadi resmi dibuka oleh CEO IDN Media, Winston Utomo.
Dalam sambutannya, Winston Utomo mengatakan, “IMGS ini kita adakan sebagai bentuk dan wujud nyata kontribusi kita, IDN Media, untuk mengajak generasi muda Indonesia bergabung, bergerak, dan berkolaborasi demi Indonesia yang lebih baik.”