Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Bangga Main Lokal Mendorong Kolaborasi di Industri Game Indonesia

UniPin dan EKRAF meluncurkan program Bangga Main Lokal. (Dok. GGWP)
UniPin dan EKRAF meluncurkan program Bangga Main Lokal. (Dok. GGWP)
Intinya sih...
  • Kolaborasi lintas industri antara game dan F&B diwujudkan lewat program Bangga Main Lokal
  • Program ini berupa pengintegrasian pengalaman gaming dengan kuliner lokal melalui skema bundling dan promosi khusus
  • Program ini diluncurkan di Indonesia Game Week dengan dukungan dari Kementerian Ekonomi Kreatif
Disclaimer: This summary was created using Artificial Intelligence (AI)

Bertepatan dengan Hari Game Indonesia (Hargai), UniPin didukung oleh Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) resmi meluncurkan kampanye Bangga Main Lokal: Kolaborasi Lintas Industri untuk Negeri.

Gerakan ini diinisiasi oleh UniPin sebagai bentuk komitmen untuk menyatukan dua industri; game dan F&B dalam satu kolaborasi terpadu yang mendorong kecintaan terhadap produk lokal dan nasionalisme di era digital. 

Bagaimana bentuk kolaborasi ini bisa terwujud? Berikut adalah bahasannya.

1. Kolaborasi lintas industri di Bangga Main Lokal

Sesi talkshow Bangga Main Lokal di Indonesia Game Week. (Dok. GGWP)
Sesi talkshow Bangga Main Lokal di Indonesia Game Week. (Dok. GGWP)

Salah satu inovasi utama dalam program Bangga Main Lokal adalah pengintegrasian pengalaman gaming dengan kuliner lokal.

Melalui skema bundling dan promosi khusus, pengguna dapat memperoleh item eksklusif dan top-up melalui pembelian produk F&B, sementara pelanggan F&B diperkenalkan dengan game lokal melalui berbagai kanal interaktif. 

Inisiatif ini menghadirkan game developer lokal seperti Anantarupa Studios, Lentera Nusantara, Gaco Games, dan Ikan Asin Productions bekerja sama dengan para pelaku industri F&B tanah air seperti Esteh Indonesia dan lainnya.

Kolaborasi ini menunjukkan bahwa game bukan hanya hiburan, tetapi juga ruang eksplorasi budaya dan ekspresi identitas. 

2. Program diluncurkan di Indonesia Game Week

CEO UniPun Ashadi Ang menyerahkan token of appreciation kepada perwakilan Esteh Indonesia. (Dok. GGWP)
CEO UniPun Ashadi Ang menyerahkan token of appreciation kepada perwakilan Esteh Indonesia. (Dok. GGWP)

Kampanye Bangga Main Lokal diluncurkan dalam press conference di acara Indonesia Gaming Week 2025, yang dihadiri oleh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif dan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Irene Umar, serta Rahayu Saraswati, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

“UniPin ingin mengajak para pelaku industri kreatif lokal untuk sama-sama berkembang dan berekspansi. Jadikan kolaborasi lintas industri ini sebagai kunci, sehingga bangga main lokal bukan hanya menjadi slogan tapi juga komitmen bersama,” ujar Ashadi Ang, CEO UniPin. 

“Melalui inisiatif ini, kami ingin menunjukkan bahwa UniPin tidak hanya hadir sebagai penyedia layanan, tetapi juga sebagai growth partner dengan jangkauan lebih dari 34 negara, siap mendukung developer, publisher, maupun brand non-game dalam negeri untuk menembus pasar global,” tambahnya.

Kampanye ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mencintai dan menikmati produk buatan anak bangsa, sekaligus membuka peluang kolaborasi bagi brand-brand lokal lainnya.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us