- Bagaimana cara mengukur kesuksesan sebuah turnamen esports?
Kesuksesan turnamen dapat diukur dari pertumbuhan jumlah penonton, baik total jam ditonton maupun peningkatan year on year. - Mengapa penonton dianggap faktor penting dalam perkembangan turnamen esports?
Karena penonton dan fans adalah “darah” dari turnamen; tanpa mereka, meskipun tim dan pemain kuat, turnamen tidak akan berkembang. - Game esports apa saja yang mengalami pertumbuhan penonton paling pesat di tahun 2025?
Empat game yang menonjol adalah Clash of Clans, Identity V, Clash Royale, dan Honor of Kings. - Game mana yang mencatat pertumbuhan penonton terbesar secara year on year di 2025?
Clash Royale, dengan peningkatan 486% dari tahun sebelumnya, mencapai 8,5 juta jam ditonton. - Game mana yang memiliki total jam ditonton terbanyak di tahun 2025?
Honor of Kings, dengan 16 juta jam ditonton, meskipun pertumbuhannya hanya 44% dari tahun 2024.
4 Game Esports dengan Pertumbuhan Terbesar Tahun 2025

- Clash of Clans naik 126% dengan total 2,6 juta jam ditonton tahun 2025.
- Identity V mengumpulkan total 5 juta jam ditonton, naik 113% dari tahun sebelumnya.
- Clash Royale memperoleh 8,5 juta jam ditonton, naik 486% dari tahun 2024.
Bagaimana cara mengukur kesuksesan sebuah turnamen esport? Salah satu caranya adalah dengan mengukur seberapa besar pertumbuhan penonton turnamen esports tersebut.
Turnamen esports tidak hanya bergantung pada tim dan pemain, namun juga penonton dan fans. Mereka adalah darah dari turnamen esports, sebagaimana tim dan pemain adalah organnya.
Meskipun sebuah turnamen memiliki lineup tim dan pemain kuat, jika tidak ada yang menontonnya maka turnamen itu tidak akan berkembang jauh.
Esports Charts telah menentukan apa saja game esports yang punya pertumbuhan penonton paling pesat sepanjang tahun 2025 ini. Game-game ini terpilih bukan hanya berdasarkan total jam ditonton, tapi juga lewat pertumbuhan penonton year on year-nya.
Berikut ini adalah 4 game espors yang berhasil menunjukkan perkembangan pesat dalam tahun 2025.
4. Clash of Clans

Clash of Clans berada di posisi keempat dengan total 2,6 juta jam ditonton pada tahun 2025. Angka ini naik 126% dari tahun lalu.
Dari sisi peak viewer, jumlah penonton esports CoC juga bertambah dari 68 ribu di tahun 2024, menjadi 74 ribu di tahun 2025.
Meskipun puncak esports CoC ada di tahun 2020, game ini menunjukkan sinyal comeback positif, dan 2026 diharapkan bisa menjadi breakout year bagi mereka.
3. Identity V

Identity V mungkin bukan sebuah game esports konvensional, tapi skena esports dari game horor ini mampu mengumpulkan total 5 juta jam ditonton; naik 113% dari tahun 2024.
Dari tahun ke tahun, esports Identity V menunjukkan pertumbuhan signifikan. Hal ini juga tercermin dari peak viewer tahun 2025 yang mencetak rekor baru, sebanyak 82 ribu penonton.
Menarik sekali untuk melihat bagaimana Identity V akan mengembangkan ekosistem esports-nya. Semoga di tahun 2026, mereka bisa menciptakan lebih banyak inovasi agar game-nya semakin ramai disaksikan.
2. Clash Royale

Clash Royale menjadi game esports dengan pertumbuhan year on year terbesar tahun 2025 ini. Game ini memperoleh 8,5 juta jam ditonton, naik 486% dari tahun 2024!
Ini adalah rekor baru yang sangat signifikan. Alasannya ada beberapa hal, baik itu jumlah restreamer yang besar, hingga in-game reward bagi yang menonton turnamennya.
Apakah Clash Royale bisa menjaga momentum ini di tahun 2026, ataukah mereka butuh strategi baru untuk menjaga basis penontonnya?
1. Honor of Kings

Jika Clash Royale unggul dari sisi pertumbuhan year on year, maka Honor of Kings ada di puncak dengan total jam ditonton mentah. Tahun ini mereka mendapatkan 16 juta jam ditonton, naik hanya 44% dari tahun 2024.
Esports HOK mulai digenjot tahun lalu dengan basis yang sangat solid. Karena itu, kita tidak melihat pertumbuhan signifikan dari tahun 2024.
Still, adanya pertumbuhan menunjukkan esports HOK berada dalam kondisi yang sehat, dan siap untuk tampil lebih baik di tahun 2026.
FAQ


















