Liga Esports Nasional (LEN) 2025 Resmi Dimulai, Total Hadiah Rp2,1 M

- Liga Esports Nasional (LEN) 2025 resmi dimulai dengan total hadiah Rp2,1 miliar
- Format turnamen musim ini dirancang untuk menjangkau seluruh lapisan ekosistem esports Indonesia
- Kehadiran kompetisi ini menjadi wujud nyata dari komitmen PB ESI dan Garudaku dalam memperkuat ekosistem esports Indonesia
Liga Esports Nasional (LEN) 2025 telah resmi dimulai pada hari ini, Rabu (23/7), dengan total hadiah mencapai Rp2,1 miliar.
Turnamen Liga Esports Nasional adalah sebuah kompetisi tertinggi dari esports Indonesia yang hadir dengan format berjenjang. Mulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1.
Rangkaian turnamen ini sudah dimulai sejak hari ini, 23 Juli 2025, dan babak Playoff akan jadi penutup acaranya yang berlangsung pada 27-29 November mendatang.
Wim Reynaldo Bacas, selaku Event Director Garudaku, berharap kehadiran liga ini bisa menjadi jalan bagi para pemimpi di esports untuk menunjukkan bakat mereka di panggung profesional.
"Liga Esports Nasional 2025 bukan hanya soal pertandingan. Ini tentang mimpi yang dibangun dari ruang kecil, dari perangkat sederhana, dan dari semangat yang tak pernah padam," ucapnya di Konferensi Pers Liga Esports Nasional 2025 pada hari ini, Rabu (23/7) di kantor PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia), Jakarta Selatan.
Format Liga Esports Nasional (LEN) 2025

Format turnamen musim ini dirancang agar bisa menjangkau seluruh lapisan ekosistem, baik dari pemain komunitas hingga tim profesional. Di mana, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) masih menjadi game yang akan dipertandingkan di dalam kompetisi ini.
Adapun untuk timeline kompetisinya adalah sebagai berikut.
Liga 3: 23 Juli - 14 September 2025
Liga 2: 25 September - 18 Oktober 2025
Liga 1: 31 Oktober - 15 November 2025
Liga Esports Nasional musim ini juga menghadirkan festival esports dan budaya pop, dengan aktivitas offline yang digelar saat babak Playoff berlangsung. Mulai dari meet & greet para pemain profesional, fun match, coswalk competition, panggung seni pelajar, hingga bazar UMKM dan F&B.
Kegiatan interaktif seperti mini tournament, stamp rally, dan doorprize juga akan hadir.
"Kami merancang Liga Esports Nasional 2025 bukan sekedar sebagai turnamen. Tapi sebagai ekosistem yang membangun karakter dan arah masa depan esports Indonesia," ujar Azwin Nugraha, selaku Head of Marketing Garudaku.
Wujud Nyata dari Komitmen PB ESI dan Garudaku

Kehadiran kompetisi ini menjadi wujud nyata dari komitmen PB ESI dan Garudaku sebagai mitra pelaksana dalam memperkuat ekosistem esports Indonesia yang terstruktur, inklusif, dan berkelanjutan dengan menjaring puluhan ribu atlet dari seluruh penjuru negeri.
"Kompetisi ini juga menjadi bagian dari strategi jangka panjang PB ESI dalam menyiapkan talenta-talenta esports yang mampu bersaing, sekaligus memperkuat peran esports sebagai kekuatan baru dalam industri kreatif Tanah Air," kata Wakil Ketua Bidang Kompetisi Pengurus Besar Esports Indonesia, Glorya Famiela Ralahallo.
Sebagai informasi, pada gelaran musim lalu, Liga Esports Nasional mencatat total digital reach sebesar 76,6 juta dengan impression 117 juta, dan jumlah views konten digital sebesar 21,3 juta tayangan di berbagai platform, seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan Facebook.
Adapun dari sisi partisipasi pada musim lalu, kompetisi ini menghimpun 132.032 atlet terdaftar, 326.050 pengunjung, serta 535.930 kunjungan trafik digital.