Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

EKSKLUSIF: Bedah Honor of Kings Plus Bareng Tim Developer HOK

GGWP mewawancarai developer Honor of Kings seputar update Honor of Kings Plus. (Facebook.com/Rextor)
GGWP mewawancarai developer Honor of Kings seputar update Honor of Kings Plus. (Facebook.com/Rextor)
Intinya sih...
  • Honor of Kings Plus menghadirkan pembaruan ambisius sejak peluncuran, dengan karakter Flowborn yang dapat dikustomisasi memberikan tingkat kebebasan tertinggi dalam MOBA.
  • Hero Flowborn memungkinkan pemain untuk membangun karakter jungler dan roamer, sementara sistem evaluasi post-match memberikan penghargaan kepada pemain yang menunjukkan keunggulan dalam ekosistem permainan secara keseluruhan.
  • Patch balancing mekanik Gorge bertujuan untuk meningkatkan fokus pemain, memastikan perjumpaan yang adil dan seimbang di setiap lane, serta mengintegrasikan sistem misi efisien melalui penyesuaian Honor Pass.

Masih penasaran dengan Honor of Kings Plus? GGWP berkesempatan untuk mewawancarai tim developer Honor of Kings seputar patch Honor of Kings Plus.

Update kali ini menawarkan banyak hal baru seperti hero yang customizable, sistem evaluasi match yang lebih mendalam, serta berbagai update quality of life.

Untuk mengulik isi update kali ini, GGWP berbincang secara eksklusif kepada Dean Huang, Game Design Lead dari Honor of Kings seputar Honor of Kings Plus. Simak wawancara selengkapnya di bawah ini!

1. Honor of Kings Plus

Honor of Kings Plus menandai update major untuk game MOBA berusia 10 tahun ini. (Kompasiana)
Honor of Kings Plus menandai update major untuk game MOBA berusia 10 tahun ini. (Kompasiana)

Apa tujuan di balik Honor of Kings Plus?

Sebagai sebuah game live service, kami tidak bisa hanya berdiam diri. Jika kami ingin mempertahankan posisi kami sebagai MOBA yang paling banyak dimainkan secara global, Honor of Kings perlu terus berkembang dan menghadirkan konten serta penyesuaian baru. Bagian integral dari proses tersebut adalah umpan balik dari komunitas.

Dengan Honor of Kings Plus, kami ingin menghadirkan pembaruan paling ambisius sejak peluncuran. Dengan memperkenalkan Flowborn, kami mendobrak batasan MOBA dengan tipe hero baru - yang mencerminkan pemain individu di medan perang dan pada saat yang sama menawarkan tingkat kebebasan tertinggi yang pernah ada dalam MOBA.

Pemain dapat memilih penampilan, pakaian, aksesori, dan lane yang ingin mereka mainkan. Bahkan jika dua pemain menggunakan hero yang sama, setiap pertandingan akan berbeda, dan pengalaman bermain mereka secara keseluruhan tetap unik.

Secara keseluruhan, apakah HOK Plus akan mengubah apa pun dari game aslinya (baik itu hero, alur permainan, dll.)?

Konsep, mekanisme, tujuan, dan gameplay berbasis tim yang utama tetap tidak berubah. Dengan Honor of Kings Plus, kami ingin memberi orang lebih banyak alasan untuk ikut bermain.

2. Hero Flowborn dan sistem evaluasi post-match

Hero Flowborn dapat dikustomisasi dengan jenis outfit dan rambut baru, sampai mengganti role. (GamingOnPhone)
Hero Flowborn dapat dikustomisasi dengan jenis outfit dan rambut baru, sampai mengganti role. (GamingOnPhone)

Mengenai hero Flowborn yang dapat dikustomisasi, meskipun kelas yang disediakan adalah Marksman, Tank, dan Mage, apakah ini juga memungkinkan kita untuk membangun karakter jungler dan roamer?

Ya, karena pada intinya, Flowborn adalah perpanjangan dari pemain itu sendiri. Dengan memperkenalkan karakter ini, kami bertujuan untuk menawarkan kebebasan yang lebih besar kepada pemain dalam struktur medan pertempuran dan aturan MOBA klasik yang sudah dikenal. Meski demikian, Honor of Kings tetap merupakan permainan kompetitif berbasis tim, jadi koordinasi dan pembagian peran dalam tim sama pentingnya.

Setelah pertandingan dimulai, kami mendorong pemain untuk mengikuti penugasan jalur yang dipilih. Ini membantu diri mereka sendiri dan rekan satu tim mereka tumbuh lebih efektif selama fase awal dan pertengahan permainan—yang pada akhirnya mempersiapkan diri untuk pertarungan tim yang menentukan permainan akhir.

Dengan anggota tim yang kalah sekarang mendapatkan penghargaan jika mereka bermain dengan baik, bagaimana ini memengaruhi MVP tim yang kalah? Apakah mereka juga mendapatkan kemampuan untuk mempertahankan atau bahkan mendapatkan bintang bahkan saat mereka kalah?

Sistem evaluasi MVP dan evaluasi pascapertandingan baru kami tidak bertentangan—keduanya beroperasi pada dimensi yang berbeda.

Dinobatkan sebagai MVP berarti pemain tampil terbaik di antara lima pemain di tim dalam pertandingan tertentu. Namun, itu tidak selalu menunjukkan bahwa performa Anda luar biasa dibandingkan dengan pemain lain dalam lane yang sama di seluruh basis pemain yang lebih luas.

Yang ingin kami berikan penghargaan dengan sistem baru ini adalah pemain yang menunjukkan keunggulan dalam ekosistem permainan secara keseluruhan (menyeimbangkan keterampilan individu dan kerja sama tim), daripada hanya memilih pemain terbaik dari lima pemain.

3. Balancing Hero's Gorge

Perubahan di Gorge ditujukan agar game semakin balance. (Sportskeeda)
Perubahan di Gorge ditujukan agar game semakin balance. (Sportskeeda)

Apa saja kekhawatiran yang dirasakan tim sehingga merilis patch untuk mekanik Gorge? Apakah ada ketidakseimbangan status mekanik saat ini yang memerlukan patch tersebut?

Dengan perubahan ini, kami bertujuan untuk meningkatkan fokus pemain, dan memastikan perjumpaan yang adil dan seimbang. Mari kita bahas satu per satu.

  • Clash lane: Kami menemukan bahwa pemain di clash laneterlalu bergantung pada portal teleportasi. Untuk menjaga fokus pemain dan menghindari gangguan dari River Sprite di side lane, kami menjadikan Space Spirit sebagai tujuan utama dan meningkatkan frekuensi respawn-nya. Kami berharap ini akan mendorong lebih banyak perjumpaan dan permainan di sekitar portal teleportasi.

  • Farm lane: Respawn Firehawk yang sering menyebabkan terlalu banyak gangguan di farm lane, yang sering menyebabkan tim dengan keuntungan awal terus-menerus memberikan tekanan dan mendominasi lawan mereka di jalur dan menghancurkan mereka terlalu dini. Untuk mengatasi hal ini, kami telah mengurangi frekuensi respawn Firehawk sehingga menghasilkan match yang lebih adil dan lebih seimbang, serta membantu pemain fokus pada farming di awal game.

  • Mid lane: Sebelum 4 menit, kami telah menambahkan satu minion ekstra per gelombang di mid lane untuk mendorong pemain midlaner untuk tetap bertahan dan fokus pada pertarungan mereka. Perubahan ini ditujukan untuk mendorong lebih banyak variasi pilihan hero mid lane, daripada hanya memilih hero mid lane yang juga dapat roaming. Pemain dapat secara aktif menekan lawan mereka di lane untuk mengendalikan kecepatan permainan. Kami juga telah menghapus River Sprite di mid lane, yang membuat pengumpulan gold lebih seimbang dan mencegah perubahan tak terduga yang disebabkan oleh perebutannya.

  • Penghapusan Minion Super: Sebelumnya, ketika ketiga lane ditembus, kedatangan minion super di semua jalur membuat tim yang kalah hampir mustahil untuk membalikkan keadaan. Untuk meningkatkan keseimbangan permainan secara keseluruhan, kami telah menghapus mekanisme ini, yang memberi tim lebih banyak kesempatan untuk berkumpul kembali dan melakukan comeback.

4. Honor Pass dan voice-to-text

Tim HOK berusaha keras untuk menjadikan update HOK Plus nyaman dinikmati fans. (YouTube.com/UnNovember)
Tim HOK berusaha keras untuk menjadikan update HOK Plus nyaman dinikmati fans. (YouTube.com/UnNovember)

Mengenai penyesuaian Honor Pass, apakah akan ada beberapa perubahan drastis?

Wajar untuk mengatakan bahwa Honor Pass adalah topik hangat bagi komunitas dan topik yang ingin kami bahas dalam pembaruan HOK Plus. Tujuan kami adalah untuk mengintegrasikan sistem misi yang efisien yang secara efektif menjadi lokasi tujuan untuk semua hadiah berbasis acara. Kami berharap pemain menghargai pendekatan ini, tetapi seperti biasa kami akan secara aktif mendengarkan masukan mereka.

Bagaimana fitur real-time voice-to-text dalam game ini akan mendeteksi kata-kata kasar?

Kami ingin memastikan lingkungan yang membuat semua pemain merasa aman, jadi dengan pengenalan fitur baru ini, kami akan menggunakan sistem pemeriksaan ketat yang sama yang sudah ada untuk komunikasi berbasis teks.

Apa harapan dan pesan dari tim HOK untuk para pemain yang menunggu pembaruan ini, dan juga peringatan 10 tahun game ini?

Dengan diperkenalkannya Flowborn, kami telah mengambil risiko untuk memutus tradisi MOBA, tetapi kami berharap para pemain menikmati variasi yang dihadirkan Hero baru ini di Honor of Kings. Mengenai peringatan 10 tahun, tim di TiMi bekerja keras untuk menandai tanggal penting ini.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us