Sebuah laporan terbaru dari analis Sensor Tower mengkonfirmasi bahwa hype game battle royale telah menyebar ke platform mobile, karena jumlah download Rules of Survival dan Knives Out merajai Apple App Store pada kuartal keempat tahun 2017 lalu! Apakah ini termasuk strategi dari NetEase?

Kedua game yang diterbitkan oleh NetEase ini telah diunduh lebih dari 15 juta kali di seluruh dunia. Jumlah download Rules of Survival memang dua kali lipat ketimbang Knives Out, namun untuk peringkat di App Store Indonesia, Rules of Survival berada di peringkat nomor dua, di bawah Mobile Legends Bang Bang.

Rules of Survival (PRNewsfoto/NetEase Games)

Sementara di Android Rules of Survival hanya mampu berada di peringkat delapan dengan jumlah download sekitar 30 juta kali sejak tanggal 1 Oktober 2017.

Ini membuat Rules of Survival menjadi salah satu game battle royale yang paling populer di dunia. Sebagai perbandingan, Fortnite yang bisa dimainkan secara gratis lewat konsol game dan PC telah diunduh sebanyak 40 juta kali, sementara PUBG menghasilkan total undahan sebesar 30 juta di PC dan Xbox One.

Yang menjadi pertimbangan disini adalah apakah strategi NetEase untuk merilis beberapa game battle royale secara bersamaan akan menghambat pengembangan Rules of Survival atau justru mungkin malah membantu perkembangan game ini?

Serba Serbi Gamer Wanita Di Scene Esport! Penuh Prestasi Namun Penuh Tantangan!

Serba-serbi gamer wanita di scene esport! Banyak prestasi juga tantangan!
Baca Juga

Perlu diingat bahwa NetEase memiliki Survivor Royale dan mode Windwhisper Survival di MMORPG Crusaders of Light yang semuanya rilis pada bulan Oktober!

Well, ini mungkin sebuah strategi brilian yang telah dilakukan NetEase, di mana kompetitor akan kesulitan bersaing untuk menarik perhatian pemain saat mereka sudah memiliki yang yang mereka sukai.

Selain itu sudah jelas pada titik ini genre battle royale memang sangat populer untuk semua platform kecuali Nintendo Switch.

download rules of survival

Dengan pertumbuhan Switch yang cukup pesat tahun lalu, tak menutup kemungkinan nantinya Fortnite bisa dimainkan lewat Nintendo Switch.

Bisa jadi NetEase mengambil langkah cepat dengan mendahului Epic Games dan Bluehole Studio untuk memasukkan produk game battle royale mereka di konsol yang telah terjual lebih dari 10 juta unit kurang dari setahun ini.

Kenapa Esport di Korea Selatan Sangat Populer? Ini Penjelasannya!

Ternyata ini alasannya kenapa orang Korea mendominasi esport!
Baca Juga

Namun, pendapatan tetap harus menjadi perhatian bagi NetEase. Rules of Survival memang berfluktuasi di peringkat 100-200 top grossing di iOS dan top 50 di Cina. Sementara PUBG telah terjual sebanyak 30 juta kopi dengan tiap kopi dibandrol dengan harga Rp200 ribu plus sistem loot box baru.

NetEase harus mencari cara untuk mengubah jutaan download Rules of Survival ini menjadi aliran pendapatan besar yang setara dengan game seperti Arena of Valor atau Mobile Legends Bang Bang.


Jadi apakah hype survival game yang dibawa PUBG tahun lalu akan merambah ke mobile? Dan apakah Rule of Survival akan menjadi rajanya mengingat game seperti PUBG Mobile yang telah hadir di pasar? Menurutmu gimana guys?

Diedit oleh Belliandry.