Ga banyak lho yang tahu sejarahnya headset dan pastinya jenisnya ada beragam. Tambah pengetahuan kamu sebelum membeli headset gaming! Yuk kita kupas tuntas segala macam hal tentang headset gaming!

Sejarah headset gaming dapat dilacak sampai pada tahun 1910 di jaman engkongnya para engkong-engkong di sebuah dapur yang terletak nun jauh di Utah, negara bagian sebelah barat dari United States of America.

Seorang pria yang ga keren-keren banget membuat sebuah alat untuk menerima suara telpon yang akhirnya pada jaman now disebut headphone.

Headphone yang hanya korban keisengan pria itu berakhir disekolahkan di angkatan bersenjata US Navy untuk kebutuhan intel. Pria yang tidak sepamor Miracle- namun hasil keisengannya dipakai oleh seluruh pemain esport di dunia ini memiliki nama belakang yang berarti botak pasti menang, dia adalah Nathaniel Baldwin. Lul.

Tak lama setelah itu alat telekomunikasi sangat dibutuhkan dan diharapkan untuk bisa naik level, maka headphone yang tadinya hanya berfungsi menerima suara kresek-kresek bunyi lagu kode, mulai disandingkan dengan mic untuk bisa bilang I love you. Perkawinan suci antara speaker dan mic ini mengharuskan headphone harus berganti KTP menjadi headset!

headset gaming
Ini dia kakek buyutnya headset gaming! Sumber: Cool Material

Headset dan headphone sudah mengalami evolusi yang panjang hingga jaman kita masih saja ada produk baru. Dan yang akan dibahas disini adalah headset untuk segmen gaming dimana sebuah headset diharuskan dapat memproduksi suara yang punya soundstage image yang akurat untuk dapat tahu di mana posisi lawan dan di mana posisi jodoh.

Headset gaming masih mengadopsi speaker atau yang disebut driver (bukan supir) berjenis Dynamic Driver. Speaker jenis ini menghasilkan suara dari membran yang bergerak maju-mundur cantik karena daya magnet yang ada dibelakangnya. FYI speaker Dynamic adalah jenis speaker yang paling murah biaya produksinya dibandingkan jenis speaker yang lain.

headset gaming

“Bang, ada headset gaming yang bassnya nendang?” Sumber: Engadget90% pertanyaan yang diajukan ketika seseorang masuk ke toko yang menjual perangkat audio adalah “ada ga headphone yang bass-nya nendang?,” mungkin orang-orang ini belum tahu rasanya dilempar sub-woofer berukuran besar. Memang fakta mengatakan hampir semua orang suka ditendang bass, oleh karena itulah salah satu alasan kenapa speaker berjenis Dynamic ini digunakan di segmen gaming.

Dan pastinya ada banyak jenis headset gaming di luaran sana, untuk itu kamu harus tahu apa saja jenis headset gaming menurut fungsinya. Simak beberapa jenis headset gaming berikut!

1

Headset Analog (Headset kok anaog)

Headset Analog

Jenis headset sejuta umat ini mengadopsi konstruksi yang simpel dan dapat digunakan di hampir segala medan karena hanya menggunakan konektor jack 3.5mm. Menggantungkan diri hanya dengan kualitas suara dari sepasang speaker (driver) yang dimilikinya bukan berarti headset ini ga bisa menyaingi jenis lainnya, karena headset kelas high-end juga masih ada yang mengadopsi konstruksi simpel ini.

Hadir dengan dua paketan yaitu paket open-back yang memiliki saluran udara sebagai ventilasi agar suara yang dihasilkan dapat menjadi lebih luas dan tanpa hambatan, dan paket kedua yaitu closed-back dengan cup di setiap sisi headset tertutup rapat, yang berguna sebagai noise-cancelling bersifat passive dan secara tidak langsung menambah daya tendang bass karena tidak ada saluran udara.

Kreatif! Gaming PC Bertema Junkrat dan D.Va ini Keren Banget!

Unik! Gaming PC ini bertemakan dua karakter Overwatch lho! Mana favoritmu?
Baca Juga

Tidak menutup kemungkinan headset analog khususnya tipe gaming memiliki lebih dari 1 konektor yang mana konektor tersebut digunakan untuk tujuan berbeda yaitu mic dan audio.

2

Headset Digital

Headset Digital

Memiliki fitur dimana headset ini sudah terintegrasi  atau dipasangkan dengan DAC (Digital-to-Analogue Converter) atau yang disebut soundcard. Keunggulan dari Headset Digital adalah kualitas suara yang lebih jernih dan volume yang lebih besar dikarenakan power yang dihasilkan dibantu oleh DAC yang terintegrasi di dalamnya.

Headset Gaming atau Headset Profesional? Menguak Mitos Headset Gaming! (Part II)

Terungkap semua nih guys, jawaban bagi kamu yang bingung ingin membeli headset profesional atau gaming! #GAMES
Baca Juga

Biasanya headset jenis ini menggunakan plug-in konektor berjenis USB yang kebanyakan hanya bisa digunakan di PCDAC sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu passive dan active, yang mana active DAC sudah disematkan amplifier dan yang lainnya tidak.

Menurut professor Martyn Ravel, ya itu saya sendiri dan saya mengatakan bahwa semua perangkat yang dapat menghasilkan suara dan dapat diatur volume besaran suaranya, dapat dipastikan perangkat itu sudah memiliki apa yang disebut amplifier di dalamnya!

Ternyata masih ada 4 macam jenis headset gaming yang kamu harus tahu! Simak di halaman berikutnya!