Popularitas esport mendorong para penyelenggara event untuk mencipatakan berbgai kompetisi sebagai wadah bersaing para pemainnya. Tidak jarang, turnamen online menjadi solusinya!

Game esport yang rata-rata dimainkan secara online seakan mempermudah penyelenggaraan turnamen online. Dibandingkan turnamen offline yang tentu menyedot banyak biaya, turnamen yang bersifat online bisa lebih murah untuk diselenggarakan.

Namun bukan berarti tidak ada persiapan khusus bagi para pesertanya saat akan mengikuti turnamen yang bersifat online! Yuk kita simak apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti turnamen yang bersifat online!

1

Koneksi yang Gak Lemot

turnamen online
Sumber: memcdn.com

Salah satu masalah pertama yang harus dipastikan saat akan mengikuti turnamen online esport manapun adalah koneksi dan ketahanan jaringan! Jangan sampai masalah jaringan memberikan berbagai masalah saat kamu mengikuti turnamen online.

Karena sifatnya yang online, koneksi menjadi sangat penting untuk dipersiapkan.Ā Pastikan kamu memiliki koneksi yang lancar dan tidak terganggu saat akan mengikuti turnamen.

Kamu bisa mencoba menggunakan website seperti Speedtest.net atau Fast.com untuk mengetahui kecepatan jaringan dan ping kalian. Untuk game mobile, kamu juga bisa menggunakan aplikasi speedtest untuk mengetahui kecepatan koneksi.

Gak Masuk Akal, Ini Alasan Dota 2 Sulit Masuk Olimpiade Paris 2024!

Wah, komentar petinggi organisasi penyelenggara Olimpiade ini bikin Dota 2 susah masuk olimpiade! Komentarnya gak masuk akal!
Baca Juga
2

Komunikasi Jelas

turnamen online
Sumber: imgur.com

Tidak jarang para pemain berada di berbagai tempat berbedaĀ dalam turnamen yang bersifat online. Oleh karena itu faktor komunikasi yang dilakukan antar pemain dalam satu tim jadi penting!

Penggunaan gadget seperti headset gaming dengan microphone yang jernih menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mengikuti turnamen online.

Mau Makin Jago Main Game? Ini Dia Tips Memilih Headset Gaming Terbaik!

Headset juga menjadi alat tempur yang wajib dimiliki oleh para gamer. Bagaimana cara memilih headset gaming terbaik? Gampang! Ini tipsnya! ----- Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia
Baca Juga

Begitu juga in-game settingĀ terkait dengan microphone. Misalkan saja threshold microphone yang mengatur seberapa keras kalian harus berbicara sebelum game menangkap suara kalian.

Jadi periksa dulu kondisi komunikasi kalian berjalan lancar dan optimal sebelum memutuskan untuk memainkan turnamen!

3

Pahami Aturan secara Mendetail

turnamen online
Sumber: know your meme

Dalam turnamen online, hampir bisa dipastikan kehadiran panitia sangat minimal atau hanya dihadiri secara online juga. Itu berarti ada kemungkinan hal-hal krusial tidak bisa diperiksa secara langsung oleh panitia yang bersangkutan.

Hardware malfunction, injury, atau connection problem adalah beberapa hal yang bisa terjadi saat pertandingan online. Oleh karena itu, para peserta turnamen harus benar-benar memahami aturan jika terjadi hal-hal seperti disebutkan di atas!

Dalam turnamen dengan skala yang besar, biasanya aturan-aturan tersebut sudah diatur dan dapat dipelajari penggunannya. Misalkan saja peraturan terkait batas waktu masuk ke lobby, pause, atau time out yang diperbolehkan oleh panitia turnamen.

Biar Gak Ada Drama! Pahami Pentingnya Profesionalisme Kontrak Esport!

Bagi teman-teman yang serius ingin berkarir sebagai atlet esport, yuk pahami pentingnya membuat kontrak esport! Hati-hati jangan sampai terjebak!
Baca Juga

Dengan memahami kondisi terbut, kamu sebagai peserta turnamen online dapat mengetahui batasan dan antisipasi langkah apabila hal-hal terburuk terjadi pada timmu saat turnamen online terjadi!

4

Kondisikan Lokasi dan Mental!

turnamen online
Sumber: dreamhack.se

Bermain turnamen online memungkinkan para pesertanya berada di manapun selama mereka bisa memainkan game tersebut secara online. Bisa jadi dilakukan di rumah, warnet, gaming house, atau tempat lain.

Kondisi tersebut bisa jadi membuat para pemainnya berada dalam kondisi mental yang tidak siap karena berbagai hal. Mulai dari distraksi sampai dengan perasaan terlalu nyaman yang membuatmu tidak fokus kerap kali menjadi isu saat menjalani turnamen online.

Awas Encok! Cara Duduk Sehat dan Nyaman Tanpa Kursi Gaming!

Sewaktu bermain game esport, apakah cara dudukmu sudah benar? Tidak perlu kursi gaming untuk menghindari cedera seperti Carpal Tunneyl! Begini caranya.
Baca Juga

Mengondisikan seoptimal mungkin lokasi atau tempat kalian bermain untuk mengikuti turnamen online bisa memberikan efek signifikan yang dapat memberikan kemenangan bagi kamu!


Mengikuti turnamen online memang mengasyikan, namun hal-hal di atas perlu diperhatikan juga demi menjaga kelancaran turnamen. So pastikan kamu sudah siap seratus persen mengikuti turnamen ya!

Jangan Sampai Gak Tahu! Ini Dia Sosok di Balik Kesuksesan Tim Dota 2 Papan Atas!

Kesuksesan sebuah tim Dota 2 diukur dari prestasi yang diperoleh oleh pemainnya. Namun peran orang di belakangnya juga tidak kalah penting! Inilah nama-nama yang turut mencetak prestasi dan kesuksesan tim Dota 2! -------------------- Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> https://www.duniaku.net/2017/07/05/hal-keren-bekraf-game-prime-2017
Baca Juga
SHARE
Previous articleEpic! BOOM.ID Berhasil Mengalahkan TNC di Regional Qualifier SL i-League!
Next articleAkankah Recca Esports Kembali Menjadi Juara di Zen Esports Network League Season 2?
penikmat musik metal, motor tua, dan eSport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.