Dalam beberapa tahun belakangan, esport berkembang sangat pesat. Bahkan muncul wacana bahwa esport akan dimasukkan dalam olimpiade Paris 2024. Namun tampaknya, rencana ini mengalami hambatan besar! Pasalnya, salah satu petinggi organisasi penyelenggara olimpiade mengeluarkan pernyataan yang membuat esport sulit masuk Olimpiade!

Baca Juga

Petinggi ini bernama Thomas Bach, yang kini menjabat sebagai Presiden Komite Internasional Olimpiade. Dalam sebuah wawancara bersama South China Morning Post, Thomas Back mengatakan bahwa ia esport memiliki kemungkinan untuk masuk dalam Olimpiade. Namun ia mengingatkan bahwa tidak semua game bisa dipertandingkan di ajang bergengsi tersebut.

Thomas Bach (Sumber: Wikimedia)

Pasalnya menurut Bach, Olimpiade ada untuk memperjuangkan perdamaian, bukan malah kekerasan yang menurutnya ada di beberapa game esport. Meski tidak menyebut nama, tentu ini menyebabkan kecil kemungkinan game-game kompetitif seperti Dota 2 dan Counter Strike untuk masuk di Olimpiade karena mengharuskan sebuah tim “membunuh” tim lawannya.

ia mengatakan bahwa ia lebih tertarik membawa game esport yang mirip dengan olahraga di dunia nyata, seperti sepakbola atau basket.

Mau ke 4K MMR dengan Mudah? Pakai Saja 5 Hero Dota 2 Ini!

Menyesuaikan meta, kamu cukup spam lima hero ini saja untuk bisa terus menang di bracket 3K MMR dan memanjat hingga 4K MMR. Siapa saja mereka?
Baca Juga

Debat bahwa apakah game mempromosikan kekerasan sudah berlangsung lama. Banyak yang beranggapan bahwa game dapat menyebabkan tingkat agresivitas meningkat. Faktanya, hal itu tidak terjadi. Penelitian yang dilaporkan CNN ini misalnya menemukan bahwa tidak ada perbedaan tingkat agresivitas yang signifikan antara mereka yang bermain game dengan yang tidak.

skill hero dota 2

Lucunya lagi, Bach seolah lupa bahwa beberapa pertandingan di Olimpiade secara tidak langsung juga mempromosikan kekerasan. Misalnya olahraga menembak atau pun bela diri.

Permainan strategi seperti Dota 2 seharusnya bisa disamakan dengan catur, yang juga mengharuskan kita untuk “membunuh” bidak-bidak untuk bisa memenangkan pertandingan.

Siap-Siap Meleleh! Ini Jajaran Reporter Esport Paling Cantik

Hati0hati diabetes! Kumpulan reporter cantik dan manis ini siap menghiasai turnamen esport internasional agar lebih berwarna!
Baca Juga

Bagaimana menurut kamu? Apakah setuju dengan Thomas Bach? Apakah menurut kamu Dota 2 layak masuk olimpiade?