Menang Terus! Ini Cara Menjaga Fokus dan Konsentrasi Bermain Meskipun Terbantai!

panduan dota 2
Sumber: Polygon

Triple kill, ultra kill!” Bukan kamu, melainkan musuhmu yang sedang on fire, dan kamu hanya bisa terima pasrah dibunuh oleh lawanmu. Tapi, meskipun sedang tertinggal, jangan menyerah, dan kehilangan fokus serta konsentrasi! Di dalam Dota 2, comeback is real!

Baca Juga

Bermain Dota 2 adalah hal yang sangat seru dan menyenangkan untuk dilakukan, baik bermain solo matchmaking, maupun party bersama dengan teman-temanmu. Namun biasanya, ketika kita sedang dalam posisi kalah, permainan malah terasa menyebalkan dan kamu tidak fokus lagi!

Hal seperti itulah yang sebenarnya perlu kamu hindari, guys! Ingat, comeback is real. Makanya kamu perlu terus menjaga fokus dan konsentrasi bermain meskipun sedang kalah. Panduan Dota 2 ini juga berlaku untuk cabang esport lainnya lho. Begini caranya!

Awas Encok! Cara Duduk Sehat dan Nyaman Tanpa Kursi Gaming!

Sewaktu bermain game esport, apakah cara dudukmu sudah benar? Tidak perlu kursi gaming untuk menghindari cedera seperti Carpal Tunneyl! Begini caranya.
Baca Juga
1

Menarik Napas Panjang

panduan dota 2
Sumber: Portland Therapy Center

Hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan konsentrasimu adalah menarik napas panjang! Hal ini telah diketahui di seluruh dunia, kalau menarik dan menghela napas panjang dapat membantumu menjernihkan pikiran dan membuat otot-ototmu yang kaku kembali santai.

Ketika sudah rileks dan pikiranmu jernih, kamu bisa dengan mudah meraih kembali fokus serta konsentrasimu yang sempat hilang. Selain itu, pikiranmu juga setidaknya tidak terlalu terbebani dengan kekecewaan yang didapat dari mati terus menerus!

2

Minum Air Putih

panduan dota 2

Jangan pernah menyepelekan kekuatan air putih! Meskipun kedengarannya sepele, namun minum air putih yang cukup dapat meningkatkan kinerja otak dan meraih kembali fokus yang hilang!

Faktanya, otak kita terdiri dari 85 persen air, dan organ ini harus terus diberi “bahan bakar” untuk bisa bekerja maksimal. Otak kita tidak memiliki cara untuk menyimpan air, sehingga jika kekurangan, sang otak akan bekerja lebih lambat dan tentu konsentrasimu terganggu. Hayo, sudah minum air putih hari ini?

3

Beranjak dari Kursi Beberapa Detik

kursi gaming
Sumber: PC Gamer

Bermain Dota 2 mengharuskan kita untuk terus duduk di depan monitor dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dapat membuat tubuh kita jenuh, dan tanpa disadari, otak kita jenuh juga. Apalagi ketika kamu sedang kalah, suasana hatimu juga ikutan jenuh!

Supaya bisa mengembalikan fokus dan konsentrasimu yang hilang, ketika sedang mati, beranjaklah dari kursi untuk melakukan peregangan dan mencari “suasana baru”. Meskipun hanya beberapa detik, tapi aktivitas ini sepeti “mereset” konsentrasi dan fokusmu dalam bermain Dota 2.

4

Percayalah, Comeback is Real!

Sepertinya tidak hanya di Dota 2, semua pertandingan esport bahkan _ olahraga tradisional sekalipun mengenal comeback! Oleh karena itu, kalau kamu sedang kalah, percayalah kalau timmu masih bisa menang, bahkan setelah tertinggal puluh ribuan net worth dan Mega Creep!

Hal yang perlu kamu lakukan adalah bermain dengan hati-hati, dan memanfaatkan peluangmu yang sempit untuk melakukan aksi terbaik. Misalnya, jika timmu “terkurung” di base oleh tim musuh, lakukanlah smoke untuk melakukan gank dari belakang mereka secara tidak terduga!

Guide Item Anti Mage: Farm Tercepat, Hero andalan Burning!

Inia dia guide item Anti Mage supaya kamu dapat farm dengan cepat! Anti Mage bahkan dapat memenangkan pertandingan seorang diri jika memiliki item yang tepat. Yuk diintip apa aja sih itemnya? -------------------- Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> https://www.duniaku.net/2017/07/05/hal-keren-bekraf-game-prime-2017/
Baca Juga

Kalau bisa team wipe atau setidaknya membunuh dua hero core mereka, maka peluang timmu untuk memenangkan pertandingan akan semakin besar. Namun ingat, kamu harus percaya dulu kalau comeback is real. Dengan begitu, dijamin fokus dan konsentrasimu tidak akan pernah hilang!

5

Menyebarkan Positive Mental Attitude

panduan dota 2

Kamu tahu tidak hal apa yang membuat keadaan tim semakin keruh? Blaming! Kalau timmu sedang kalah, jangan melakukan blame, karena hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan dan melemahkan mental rekan satu timmu.

Sebagai pembaca GGWP.id yang budiman, sebarkanlah energi positif dengan menyemangati rekan satu timmu dengan kata-kata yang positif dan optimis! Menyikapi segala hal dengan makna positif juga akan mengurangi beban pikiran yang kamu derita dari kekalahan dan mengembalikan fokus serta konsentrasimu.

So, keep positive mental attitude!


Setelah membaca panduan menjaga fokus dan konsentrasi bermain di atas, saatnya kamu untuk mempraktikkannya langsung. Memiliki fokus dan konsentrasi yang tidak pernah putus selama permainan berlangsung adalah bahan utama dalam memenangkan pertandingan!